KPU Minahasa Bakal Merekrut 152 Calon Anggota PPK Gubernur dan Wakil Gubernur

Proses rekrutmen Badan Adhok KPU mulai dilakukan 15 Januari hingga 14 Februari 2020 mendatang.

KPU Minahasa Bakal Merekrut 152 Calon Anggota PPK Gubernur dan Wakil Gubernur
andreas ruaw/tribun manado
KPU Minahasa Bakal Merekrut 152 Calon Anggota PPK Gubernur dan Wakil Gubernur 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa akan merekrut 152 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2020.

Proses rekrutmen Badan Adhok KPU mulai dilakukan 15 Januari hingga 14 Februari 2020 mendatang.

Ketua KPU Minahasa, Lord Malonda mengatakan, pembentukan PPK berpedoman pada peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2017 tentang perubahan atas perubahan PKPU nomor 3 Tahun 2015 tentang tata kerja pemilihan umum.

"Sesuai tahapan, rekrutmen calon anggota PPK dilaksanakan pada 15 januari hingga 14 februari 2020. Pelantikan direncanakan 29 februari. Untuk itu KPU mengajak semua lapisan masyarakat minahasa yang sudah memenuhi syarat untuk bergabung," kata Malonda saat dikonfirmasi, Rabu (14/1/2020).

Sementara itu, komisioner KPU Minahasa devisi sosialisasi, Peter Mawikere mengatakan, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi calon PPK, di antaranya tidak pernah menjadi anggota partai politik dan tim kampanye.

"Kemudian calon PPK belum pernah menjabat anggota PPK selama dua periode dalam jabatan yang sama PPK, PPS, KPPS.Usia minimal 17 tahun dan maksimal tidak terbatas namun sehat jasmani dan rohani.Berdomisili dalam wilayah kerja PPK, pendidikan paling rendah SMA atau sederajat," kata Peter didampingi koordinator devisi teknis,

Kristoforus Ngantung Divisi Hukum dan Pengawasan Rendy Suawa, Kordiv data dan Informasi Lidya Malonda.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga PPK pada Pilkada 2020 , pihak KPU membutuhkan peran serta dari masyarakat.

Sehingga bagi yang ingin mendedikasikan dirinya bagi proses demokrasi yang professional dan bermartabat dapat tercapai.

"Perekrutan dan seleksi akan dilakukan dengan transparan dan mengedepankan aturan.Bagi yang tidak memenuhi syarat administrasi langsung digugurkan. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan PPK yang baik dan berintegritas," tambah Ngantung.

Pihaknya mengajak bagi masyarakat yang akan mendaftar, kiranya bisa langsung ke kantor KPU di Kabupaten. Sesuai tahapan masa kerja Badan Adhok ini selama 9 bulan mulai 1 Maret sampai 30 November 2020.

Sementara itu, komsioner KPU Sulut, Meidy Tinangon mengigatkan, agar proses perekrutmen harus memperhatikan prinsip-prinsip penyelenggara pemilu.

"Prinsip-prinsip penilaian harus diperhatikan oleh teman-teman KPU di kabuapten/kota. Setidaknya harus objektif," kata Tinangon dalam sosialisasi Badan Adhoc di kantor KPU Minahasa. (Eas)

 Penambahan Manfaat Peserta BPJamsostek, Kado Spesial Presiden Jokowi untuk Pekerja Indonesia

TONTON JUGA :

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved