Tetty Otak-atik Figur di 8 Pilkada: MEP Kandidat Tunggal dari Golkar

Partai Golkar tatap Pilkada Serentak 2020. Sejumlah figur calon kepala daerah disiapkan menghadapi pesta demokrasi di Sulawesi Utara

Tetty Otak-atik Figur di 8 Pilkada: MEP Kandidat Tunggal dari Golkar
Istimewa
Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Golkar Minsel Tetty Paruntu dan James Arthur Kojongian 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Partai Golkar tatap Pilkada Serentak 2020. Sejumlah figur calon kepala daerah disiapkan menghadapi pesta demokrasi di Sulawesi Utara, Manado, Bitung, Minahasa Utara, Tomohon, Minahasa Selatan, Bolaang Mongondow Timur dan Bolaang Mongondow Selatan (lihat grafis). Nama-nama itu akan diusulkan ke DPP Partai Golkar selanjutnya ditetapkan sebagai calon gubernur, bupati dan wali kota.

Prabowo Tak Habis Pikir Kasus ASABRI

Untuk Pilkada Sulut, Golkar mengandalkan Christiany Eugenia Paruntu. Ketua DPD Golkar Sulut ini bakal dipasangkan dengan Ketua DPW PAN Sulut Sehan Landjar. Selain itu, masih ada nama Stevanus Vreeke Runtu dan Jimmy Eman yang mendaftar sebagai cagub dan cawagub di Beringin Sulut.

Calon tunggal di Minsel. Mikaela Elsiana Paruntu menguat di posisi cabup. Siapa pendamping MEP, masih diperebutkan beberapa figur di antaranya Royke Sondakh dan Frangky Pasla. Minsel sebagai basis utama bahkan sudah punya calon unggulan yakni MEP, adik Bupati Minsel Tetty Paruntu.

Kabarnya Golkar sedang mencari pasangan yang akan disandingkan dengan MEP. Golkar Minsel tak kekurangan tiket untuk mengusung MEP dan pasangannya karena punya modal 10 kursi DPRD.

Kontestasi di Kota Manado ketat. Selain mantan Wali Kota Jimmy Rimba Rogi, ada mantan Bupati Minahasa Tenggara Telly Tjanggulung, Victor Mailangkay dan Yongkie Limen. Syaratnya Golkar lebih dulu harus menemukan koalisi partai, karena partai berlambang beringin itu cuma punya modal 5 kursi DPRD Manado. Padahal syarat mengusung minimal 8 kursi.

Tak kalah ketat di Kota Bunga, Tomohon. Petahana Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan bersaing dengan Ketua DPRD Tomohon Miky Wenur dan Geby Eman, putri Wali Kota Jimmy Eman. SAS saat ini cukup berpeluang karena masuk gerbong Ketua DPD I Golkar Tetty Paruntu. Namun, di lain pihak, gerbong Eman, punya jagoan lain yakni sang putri Gaby Eman.

Untuk Minut, ada Ketua Golkar Denny Wowiling, kemudian petahana Wakil Bupati Joppy Lengkong dan Daniel Rumumpe. Di Bitung muncul nama Cindy Wurangian. Paling ketat di Boltim. Politisi Golkar Sumardia Modeong bersaing dengan putri Bupati Sehan Landjar, Amalia Landjar. Kemudian kader Golkar Feryando Lamaluta, Sahrul Mamonto dan Suhendro Boroma.

Untuk Bolsel ada Hartina Badu Syamsuridjal Mokoagow.
Sebelum ditetapkan DPP Golkar, figur kepala daerah harus melalui seleksi.

KPK Geledah Kantor PDIP Akibat Calegnya Korupsi, Masinton Geram: Mereka Tim Ilegal Seakan Anti PDIP

Juru Bicara Partai Golkar Sulut, Feryando Lamaluta mengatakan, di awal tahun ini, Golkar akan mengadakan rapat persiapan sejauh mana proses seleksi calon kepala daerah. "Ibu Ketua  DPD (Tetty Paruntu) sudah instruksikan untuk persiapan bakal calon yang akan diajukan ke DPP, " ungkap Lamaluta kepada tribunmanado.co.id, Senin (13/1/2020). Semua calon di kabupaten dan kota akan dibahas dalam rapat ini. Calon yang diusung Golkar pun cukup menonjol di beberapa daerah.

Tak mau kalah, Partai Gerindra juga mulai menyaring nama yang bakal diusul ke DPP. Gerindra Manado sudah menerima 20 nama yang pendaftar yang berminat diusung termasuk figur eksternal partai.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved