BPJamsotek

2019, BPJamsostek Manado Bayar Kecelakaan Kerja Rp 5,7 M, Kasus JKK Naik tapi Santunan Turun

BPJamsostek Cabang Manado mengucurkan Rp 5,78 miliar untuk membayar santunan bagi peserta Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) di tahun 2019

2019, BPJamsostek Manado Bayar Kecelakaan Kerja Rp 5,7 M, Kasus JKK Naik tapi Santunan Turun
Tribun Manado / Fernando Lumowa
BPJamsostek Manado Bayar Kecelakaan Kerja Rp 5,7 M 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Cabang Manado mengucurkan Rp 5,78 miliar untuk membayar santunan bagi peserta Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) di tahun 2019.

Angka santunan yang dibayarkan turun jika dibandingkan tahun 2018. Meskipun begitu, angka kasus kecelakaan kerja tahun 2019 naik.

Kepala BPJamsostek Cabang Manado Hendrayanto mengatakan, tahun 2019 jumlah kecelakaan kerja 309 kasus.

"Dibanding tahun 2018, jumlah kecelakaan kerja sebanyak 286 kasus dengan jumlah santunan dibayarkan Rp 8,86 miliar," kata Hendrayanto, Selasa (14/01/2020).

Bayar Jaminan ke Peserta, BPJamsostek Manado Kucur Rp 166 M Sepanjang Tahun 2019

Terkait menurunnya nilai santunan kecelakaan kerja meski angka kasusnya naik, Kabid Kepesertaan BPJamsostek Manado, Adisafah C. mengatakan, meskipun kasusnya naik tapi faktor risikonya lebih kecil.

"Misalnya, jumlah kasus meninggal atau kecelakaan kerja yang berujung pekerja meninggal dunia di tahun 2019 menurun," kata Adi.

Kemudian, kasus kecelakaan kerja yang menyebabkan luka parah, cacat tetap juga menurun. "Besar nilai pembayaran santunan sangat dipengaruhi faktor risiko dan akibat yang ditimbulkan," jelasnya.

Kisah Keraton Agung Sejagat Purwerejo, Nama Istri Totok Serupa dengan Ibu Raja Terbesar Majapahit

Berdasar data yang diterima Tribun, kasus kecelakaan kerja tertinggi yang dilaporkan tahun 2019 berada di Kota Manado. Total ada 308 kasus kecelakaan kerja dengan nilai santunan Rp 5,61 miliar.

Kemudian, Tondano sebanyak Rp 143 jutaan untuk satu kasus. Sedangkan dari Bitung dan Kotamobagu, tak ada laporan kasus kecelakaan kerja yang masuk ke BPJamsostek Cabang Manado.(ndo)

Elly Lasut Minta Masyarakat Talaud Tenang, soal Pelantikan Dirinya: Saya Serahkan ke Mendagri

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved