News

Gunung Api Taal di Filipina Meletus, Letusan Dikhawatirkan Picu Tsunami Vulkanik

Gunung api Taal yang berada sekitar 60 kilometer sebelah selatan ibu kota Filipina, Manila, meletus pada Minggu (12/1/2020) dengan kolom letusan 15 KM

Gunung Api Taal di Filipina Meletus, Letusan Dikhawatirkan Picu Tsunami Vulkanik
Kolase Foto Tribunmanado/foto tribunnews/Kompas.com
Kolase Lokasi Gunung Taal di Filipina yang meletus sejak Minggu (12/1/2020) dan Letusan gunung sekitar 60 kilometer dari ibu kota Filipina, Manila, ini dikhawatirkan bisa memicu tsunami vulkanik karena posisinya dikelilingi danau. 

TRIBUNMANADO.CO.ID — Gunung api Taal di selatan ibu kota Filipina, Manila, meletus.

Gunung api Taal yang berada sekitar 60 kilometer sebelah selatan ibu kota Filipina, Manila, meletus pada Minggu (12/1/2020) dengan kolom letusan 15 kilometer.

Letusan lebih hebat dikhawatirkan bisa terjadi sewaktu-waktu dan memicu tsunami vulkanik.

Bandara Internasional Ninoy Aquino di Manila telah diperintahkan ditutup, demikian juga bursa saham negara itu pada Senin (13/1/2020) pagi. Hampir 170 penerbangan telah dibatalkan.

BREAKING NEWS: Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Serang Rombongan Bus Karyawan Freeport

Sekretaris Transportasi Filipina Arthur Tugade telah menginstruksikan pejabat penerbangan guna ”melakukan apa pun yang diperlukan untuk kepentingan keselamatan publik.”

”Letusan berbahaya dapat terjadi dalam beberapa jam hingga berhari-hari,” demikian pengumuman Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs), Minggu, ketika ia meningkatkan status siaga ke level empat dari satu dalam waktu kurang dari 12 jam.

Aktivitas gunung berapi di kawah utama telah meningkat disertai letusan yang didorong oleh uap dan menyebabkan 52 gempa vulkanik, demikian keterangan dari Dewan Pengurangan Risiko Bencana dan Manajemen Nasional Filipina.

Dengan kondisi ini, mereka telah memerintahkan evakuasi terhadap warga dalam radius 8,5 mil (14 kilometer) gunung berapi. Sedikitnya, 200.000 orang harus mengungsi.

Tsunami vulkanik

Taal merupakan satu gunung berapi aktif terkecil di dunia dengan ketinggian sekitar 311 meter. Gunung ini juga merupakan tempat wisata populer.

Halaman
12
Editor: Gryfid Talumedun
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved