BKD Provinsi Sulut Bekerja Sama Dengan BKN Gelar Simulasi Tes SKD

Acara ini dilaksanakan di Kantor BKN tersebut di Jalan AA Maramis, Paniki Bawah, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Sulut.

BKD Provinsi Sulut Bekerja Sama Dengan BKN Gelar Simulasi Tes SKD
Tribunmanado.co.id/Dewangga Ardhiananta
Suasana tes simulasi SKD di BKN Wilayah Kantor Regional IX Manado, Senin (13/01/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Wilayah Kantor Regional IX Manado menggelar tes simulasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Acara ini dilaksanakan di Kantor BKN tersebut di Jalan AA Maramis, Paniki Bawah, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Sulut.

"Simulasi tes untuk Computer Assisted Test (CAT) untuk mempersiapkan peserta tes supaya nanti di ruang CAT nanti sudah memahami penggunaan alat, bagaimana aturan-aturan di dalam ruangan," kata Femmy Suluh Kepala BKD Provinsi Sulut, Senin (13/01/2020).

Ia menambahkan, tetapi nanti soal apa yang keluar di simulasi CAT di SKD sangat berbeda dengan apa yang digunakan dengan tes CPNS nanti.

"Ini cuma soal-soal simulasi, cara menjawabnya itu bukan menjadi patokan tetapi cara mempergunakan alat CAT dan menggunakan komputer," jelasnya.

Kepala BKD mengatakan, dalam simulasi ini juga mempersiapkan dengan artian memberikan pemahaman bahwa simulasi harus dikuti secara serius.

"Supaya dalam tes nanti pakaian dan hal-hal yang dilarang jangan dicoba-coba karena konsekuensinya tidak dapat mengikuti tes," ucap Femmy Suluh.

Ia menjelaskan, ada hal-hal yang langsung dibatalkan dan ada yang bisa ditoleransi misalnya celana salah bisa diminta ganti.

Sedangkan kalau telat saat mengikuti tes SKD nanti tidak ada toleransi dan ditinggal.

"Sekalian simulasi ini membekali mereka supaya tidak melanggar aturan tetapi pada intinya ini pengenalan alat CAT itu bagaimana, pengenalan lingkup BKN dan supaya mereka datang nggak lagi cari-cari tempat yang mana," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Dewangga Ardhiananta
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved