Berita Bolsel

Banjir Rob Genangi Rumah Warga, BPBD Sebut Sering Terjadi

Beberapa rumah warga di pesisir pantai Desa Lion, Kecamatan Posigadan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) terendam air laut.

Banjir Rob Genangi Rumah Warga, BPBD Sebut Sering Terjadi
ISTIMEWA
Banjir Rob Genangi Rumah Warga, BPBD Sebut Sering Terjadi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Beberapa rumah warga di pesisir pantai Desa Lion, Kecamatan Posigadan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) terendam air laut yang diakibatkan banjir Rob, Senin (12/1/2020).

Deburan ombak besar disertai angin kencang mengakibatkan air laut masuk ke pemukiman warga yang rumahnya berjarak sekitar 40 meter dari pantai.

Dari data yang diperoleh di lapangan, banjir Rob menggenangi sekitar 10 unit rumah dengan ketinggian air sekitar 40 centimeter dan wilayah terparah ada di dusun dua dan tiga.

Menurut beberapa saksi mata, kejadian tersebut dimulai pada pukul 16.00 Wita.

Di mana ombak tinggi dan angin kencang melanda pemukiman warga yang tinggal di pinggiran pantai desa tersebut.

“Ombak tersebut sangat kuat dan tinggi serta angin yang cukup kencang menghantam beton penahan ombak. Akibatnya air laut meluap dan naik sampai ke rumah-rumah penduduk yang tinggal di tepi pantai,” jelas salah satu anggota Babinsa ketika dihubungi tribunmanado.co.id, Senin (13/01/2020).

Sementara itu pada pukul 18.00 Wita Camat Posigadan Raston Mooduto, langsung turun lapangan meninjau lokasi kejadian untuk memastikan kondisi masyarakatnya.

“Pada pukul 21.30 Wita air yang menggenang di pemukiman warga sudah mulai surut,” ujar Raston.

Akibat dari kejadian ini sebanyak 10 unit rumah tergenang air laut dan sempat menimbulkan kepanikan terhadap warga desa setempat.

Di tempat terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolsel melalui Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Nurdin Patajenuh, mengatakan pihaknya sudah memperoleh informasi tersebut.

Halaman
12
Penulis: Nielton Durado
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved