Mabes TNI Kucurkan Dana Rp 1 Miliar 'Perangi' Tanaman Eceng Gondok di Danau Tondano

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, mari kita lestarikan Danau, lestarikan air, lestarikan lingkungan demi kepentingan bersama.

Mabes TNI Kucurkan Dana Rp 1 Miliar 'Perangi' Tanaman Eceng Gondok di Danau Tondano
Istimewa
400 Orang Keroyokan Angkat Eceng Gondok di Danau Tondano 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dalam rangka meningkatkan kebersihan salah satu Objek wisata di Daerah Minahsa yaitu Danau Tondano, Pemkab Minahasa melaksanakan program pembersihan Danau.

Dengan mengangkat tumbuhan Eceng Gondok dan mengerahkan seluruh komponen masyarakat serta ASN dan unsur terkit lainnya, termasuk didalamnya Satuan Kodim 1302/Minahasa.

Untuk membantu pemerintah dalam mengatasi dan mengangkat eceng gondog ini, Markas Besar TNI (Mabes TNI) mengucurkan Dana sebesar Rp 1 Miliar melaui Kodim 1302/Minahasa.

Ini adalah salah satu sikap serius yang diperlihatkan oleh TNI dalam mempertahankan keindahan Danau Tondano yang adalah salah satu Destinasi Wisata kebanggan Minahasa.

Sementara itu, Komandan Kodim 1302/Minahasa Letnan Kolonel Inf Slamet Raharjo SSos, MSi saat dikonfirmasi mengatakan, selaku Komandan Kodim dan juga masuk dalam jajaran Forkopimda, akan mendukung penuh program pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa dalam hal pengangkatan eceng gondok yang saat ini tumbuh subur di Danau Tondano.

"Saya akan mengerahkan tenaga dan kekuatan Pasukan yang besar untuk Program ini. Kami Aparat TNI akan bersama-sama dengan pemerintah bahkan bersama masyarakat akan bergandengan tangan terjun bersama-sama kedanau untuk membersihkan eceng gondok," ungkap Dandim, Minggu (12/1/2020).

Menurutnya tidak cukup hanya bantuan tenaga, Mabes TNI melalui Kodim 1302/Minahasa, akan mengucurkan Dana sebesar Rp 1 Miliar untuk membantu pemerintah Daerah dalam pembersihan eceng gondok di Danau tondano.

Dandim pula tegaskan kepada seluruh Jajaran Kodim 1302/Minahasa, persiapkan diri baik secara fisik dan mental untuk membantu Pemerintah Daerah dalam Karya Bakti pengangkatan eceng gondok nanti.

"Ini adalah tugas kita bersama, sebab bila kita biarkan eceng gondok ini tumbuh subur, maka Danau Tondano akan mengalami pendangklan bahkan terancam akan punah," tandasnya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, mari kita lestarikan Danau, lestarikan air, lestarikan lingkungan demi kepentingan bersama.

Ditambahkannya pula bahwa masyarakat perlu menyatakan perang terhadap eceng gondok karena sudah tidak terkendali pertumbuhannya.

Artinya perang secara terpilih dimana ada yang harus kita basmi dan ada yang perlu kita biarkan tetapi tetap terkendali pertumbuhannya untuk kebutuhan masyarakat.

"Untuk itu kita perlu memilah mana yang bermanfaat dan mana yang tidak bermanfaat bagi kita semua," tandasnya.

 FAKTA-FAKTA Penemuan Mayat Pasutri di Kos Manado, Posisi Gung & Rosna Tewas s/d Rekan Kerja Curiga

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved