Peringatan Dini

Kedubes AS Peringatkan Warganya di Indonesia Terkait Cuaca Ekstrem, Ini Langkah Pemerintah

Cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi pada Sabtu dan Minggu ini disebut akan disertai pula intensitas curah hujan yang sangat tinggi.

Kedubes AS Peringatkan Warganya di Indonesia Terkait Cuaca Ekstrem, Ini Langkah Pemerintah
PEXELS.COM/GEORGE DESIPRIS
Ilustrasi cuaca buruk 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Prakiraan cuaca ekstrem di tanah air yang diprediksi beberapa hari ini.

Peringatan yang disampaikan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia agar warganya mewaspadai cuaca ekstrem di tanah air yang diprediksi terjadi pada 11 dan 12 Januari ini, ramai diperbincangkan di berbagai aplikasi pesan instan.

Pemerintah melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta TNI Angkatan Udara (AU) pun terus mengoptimalkan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau hujan buatan.

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi dalam melakukan penyemaian garam atau Natrium Klorida (NaCl) terhadap potensi awan hujan yang bergerak menuju wilayah Jabodetabek agar hujan jatuh sebelum mencapai kawasan Jakarta dan sekitarnya.

Polri Buka Pendaftaran Lulusan Perguruan Tinggi Ijazah D-4, S1 dan S2, Berikut Selengkapnya

Cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi pada Sabtu dan Minggu ini disebut akan disertai pula intensitas curah hujan yang sangat tinggi.

Sehingga langkah antisipatif pun terus dilakukan oleh beberapa institusi terkait.

Operasi hujan buatan dilakukan melalui Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) BPPT yang telah digerakkan sejak 3 Januari 2020 demu menanggulangi banjir yang melanda wilayah Jabodetabek.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan operasi hujan buatan pada 10 hingga 13 Januari esok akan dilakukan secara intensif untuk mengantisipasi prediksi cuaca ekstrem tersebut.

Dalam kurun waktu itu, pihaknya akan melakukan hingga 5 sorti penerbangan setiap harinya.

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat mendampingi Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro menyambangi Posko TMC di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Sabtu (11/1/2020) kemarin.

Halaman
12
Editor: Gryfid Talumedun
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved