Karena Ini, Banyak Siswa Bakal Terancam 'Tak Luluas' SD dan SMP

Di Kota Bitung ada beberapa kepala sekolah yang belum mengikuti seleksi calon kepala sekolah dan lulus.

Karena Ini, Banyak Siswa Bakal Terancam 'Tak Luluas' SD dan SMP
christian wayongkere/tribun manado
Karena Ini, Banyak Siswa Bakal Terancam 'Tak Luluas' SD dan SMP 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bak bola panas yang terus bergelinding, terkait persoalan pelantikan roling dan mutasi pejabat struktural dan fungsional di lingkungan pemerintah kota (Pemkot) Bitung.

Khusus pejabat fungsional atau kepala-kepala sekolah (Kepsek) SD dan SMP yang telah di lantik, banyak yang belum menggenggam sertifikat calon kepala sekolah (Cakap) sebagai syarat utama mendapat nomor unik kepala sekolah atau Nuks.

Kondisi ini di kuatirkan berdampak ke sekolah SD dan SMP bakal tak menerima dana Bantuan operasional sekolah (BOS) dan mengancam kelulusan bagi para siswa kelas 6 ke kelas VII dan kelas IX ke kelas X.

"Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 6 Tahun 2018, tentang penugasan guru sebagai Kepala Sekolah. Mereka yang sudah di lantik sebagai kepala sekolah dan belum memiliki sertifikat Cakep san Nuks tidak bisa terima, kelola dana Bos dan menandatangani ijazah kelulusan siswa," terang sumber di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung.

Di Kota Bitung ada beberapa kepala sekolah yang belum mengikuti seleksi calon kepala sekolah dan lulus.

Kepala dinas Pendidikan kota Bitung, Julius Ondang saat dikonfirmasi membenarkan pernyataan tersebut.

"Memang aturan ini dikeluarkan tahun 2018 dan diberikan toleransi sampai tahun 2019 dan penerapannya dilakukan tahun 2020 ini," jelas Ondang dikonfirmasi Minggu (12/1/2020) malam.

Dia menambahkan, jika belum memiliki Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah (STTPPCKS) dan Nuks, kepala sekolah harus mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) sampai lulus dan mendapatkan Nuks.

Di kota Bitung sendiri hanya ada 140 tenaga pengajar yang ada Nuks

"Masih ada sekitar 30 sekolah yang kepala sekolahnya tidak ada Nuks dan ini yang menjadi persoalan semoga ada jalan keluar bagi mereka yang belum ada nuks, jika tidak maka ini sangat merugikan siswa dan sekolah," tandasnya.

Halaman
1234
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved