News Analysis

Dugaan Terkait OTT Komisioner KPU, Pengamat : Itu Kan Masih Dugaan

Alfons Kimbal, pengamat politik Universitas Sam Ratulangi memberikan tanggapan terkait dugaan OTT terhadap oknum komisioner KPU.

Dugaan Terkait OTT Komisioner KPU, Pengamat : Itu Kan Masih Dugaan
TRIBUN MANADO/DEWANGGA ARDHIANANTA
Alfons Kimbal 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Alfons Kimbal, pengamat politik Universitas Sam Ratulangi memberikan tanggapan terkait dugaan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap oknum komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menyeret oknum PDIP.

"Itu kan masih dugaan, bagi saya kalau masih dugaan itu gimana ya berhati-hati untuk apa kan (berpendapat)," katanya, Kamis (09/10/2020).

Lanjutnya, intinya dengan terjadinya OTT terhadap komisioner KPU itu merupakan satu peringatan bahwa korupsi ada di mana-mana.

"Sampai di tingkat penyelenggara Pemilu yang belum pernah, baru sekali ini dapat kan, di tingkat daerah pun terlihat belum pernah dan baru ini terjadi," tegasnya.

Ia menyatakan, ini menjadi kata awas atau warning pada penyelenggara bahwa mereka merupakan garda terdepan di dalam melindungi demokrasi untuk rakyat.

"Sebenarnya harusnya menjadi teladan kan bagi penyelenggara tetapi ini persoalannya kena OTT kasus korupsi," ujar pengamat politik itu.

Alfons mengatakan, seorang komisioner yang kalau mau lihat background-nya itu memiliki kekayaan miliaran tetapi ternyata juga terdampak dari OTT.

"Jadi kalau berhubungan dengan PDIP, kalau menurut saya persoalan ini masih dugaan kan," ucapnya.

Ia menjelaskan, siapa pun yang berhubungan dengan korupsi ini apa pun yang jika dilihat secara tarik kebelakang partai apapun itu yang ada sangkut-pautnya dengan korupsi akan berdampak pada partai itu sendiri.

"Apakah itu Demokrat, apa itu Golkar, yang terakhir itu PPP ya kan dan itu akan mempengaruhi terhadap partai itu sendiri maksudnya kepercayaan masyarakat atau pemilih terhadap partai," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Dewangga Ardhiananta
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved