UKM dan Saham

Pemerintah Mendorong UKM Naik Kelas Melalui IPO, Berharap Bisa Kembangkan Usaha dan Dapat Dana Segar

Pemerintah dorong UKM naik kelas melalui IPO. Dengan IPO diharapkan UKM bisa kembangkan bisnis dengan dana segar hasil penjualan saham.

Pemerintah Mendorong UKM Naik Kelas Melalui IPO, Berharap Bisa Kembangkan Usaha dan Dapat Dana Segar
KOMPAS/LASTI KURNIA
Tabung gas elpiji 12 kg digunakan usaha kecil menengah (ukm) Langgeng Sari untuk kegiatan produksi roti harian di pabrik mereka di kawasan Pejompongan, Jakarta Pusat, Kamis (2/1/2014). Ukm roti ini telah berencana menaikkan menaikkan harga jual roti dari Rp 2.000 menjadi Rp 2.500 akibat dampak naiknya harga elpiji. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Diungkapkan oleh Plt Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba Rachman, pemerintah mendorong Usaha Kecil Menengah (UKM) naik kelas melaui Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Hanung menambahkan melalui IPO UKM dapat mengembangkan usaha dalam skala besar dan langsung mendapatkan dana segar dari hasil penjualan saham.

“Ada beberapa langkah di antaranya fresh money atas emisi saham, efisiensi pemanfaatan dana karena tersedianya modal permanen, memperbaiki struktur keuangan, meningkatkan skala usaha, akuntabilitas, dan pengawasan masyarakat,” kata Hanung di BEI, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Pemerintah juga membentuk tiga pilar guna memperdayakan koperasi dan UKM pada periode 2020-2024. 

Ketiga pilar tersebut di antaranya kapasitas usaha dan kompetensi UKM, lembaga keuangan yang ramah serta koordinasi lintas sektor untuk mendukung ekosistem.

“Kita mendorong kebijakan bank wajib menyalurkan kredit 20 persen untuk UKM. Sampai saat ini kan belum tercapai,” paparnya.

Hanung menambahkan, UKM berkontribusi terhadap 60 persen PDB nasional.

Selain itu, UKM juga menyumbang serapan 87 persen tenaga kerja di Indonesia.(*)

Editor: Isvara Savitri
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved