PDIP Buka Pintu Koalisi ODSK: Nasdem Siapkan Vicky-Elly, Tetty Cari Calon Wagub

Rencana PDIP kembali mengusung duet pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw (ODSK) di Pilgub Sulawesi Utara 2020 tak tergoyahkan.

PDIP Buka Pintu Koalisi ODSK: Nasdem Siapkan Vicky-Elly, Tetty Cari Calon Wagub
Istimewa
Ollly Dondokambey dan Steven Kandouw (ODSK) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Rencana PDIP kembali mengusung duet pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw (ODSK) di Pilgub Sulawesi Utara 2020 tak tergoyahkan.
Sejauh ini, di internal PDIP belum ada wacana lain yang mengoyahkan duet ODSK.

Khamenei Buktikan Pukul Balik Trump

"Memangnya kalian ada calon lain?" tanya Ketua DPD PDIP Sulut, Olly Dondokambey ketika dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Begitu pun di internal partai, suasana masih kondusif, belum mencuat figur penantang yang ingin masuk bersaing khususnya di bursa ‘papan 2'.

PDIP sebagai partai pemenang Pemilu 2019. Punya modal 18 kursi DPRD Sulut untuk mengusung calon, jumlah ini lebih dari cukup mengusung meski tanpa koalisi. Meski begitu, PDIP tetap membuka pintu koalisi bagi partai yang ingin bergabung memenangkan figur yang diusung PDIP.

"UU memerintahkan untuk bisa berkoalisi, jadi PDIP terbuka untuk komunikasi politik," kata Sekretaris DPD PDIP Sulut, Franky Wongkar kepada tribunmanado.co.id, Rabu (8/1/2020).
ODSK terbukti berhasil memimpin Sulut, kata Wongkar, jika partai lain ingin koalisi demi memajukan Sulut dan mensejahtarakan masyarakat, maka tak salah mendukung ODSK.

"Namanya koalisi tentu harus ada kesepakatan, seperti apa kesepakatan maka harus komunikasi," ujar Wakil Bupati Minsel ini. Partai Nasdem siap menetapkan calon gubernur yang bakal diusung di Pilgub 2020. Langkah Nasdem ini untuk memastikan calon mereka diusung di posisi ‘papan 1'.

"Secara logika politik Nasdem harus papan 1, kan Nasdem punya 9 kursi (DPRD Sulut), " kata Victor Mailangkay, Sekretaris DPW Nasdem Sulut. Nasdem memiliki 9 kursi jadi partai pemilik kursi terbanyak kedua setelah PDIP. Jumlah ini cukup mengusung calon tanpa koalisi.

Bupati Minsel Tetty Paruntu Minta Petani Lebih Giat Menanam
Bupati Minsel Tetty Paruntu Minta Petani Lebih Giat Menanam (Istimewa)

Meski begitu, Nasdem tetap terbuka untuk koalisi. "Komunikasi tetap dibangun dengan partai lain," ujarnya. Untuk menjaring posisi calon untuk papan 1, Nasdem kata Victor akan menetapkan 3 nama.

Siapa yang calon dimaksud? Victor mengatakan, baru akan ditetapkan dalam rapat DPW Nasdem Sulut sekitar pertengahan Januari. "Seharusnya rapat DPW tanggal 10 Januari, tapi dimundur, " kata dia.

55 Ribu Tentara AS Kepung Iran: Perang Teluk ‘Part 3 Meletus

Rapat itu DPW Nasdem menentukan 3 nama, kemudian diusulkan ke DPP Nasdem. "DPP juga punya kewenangan menambah nama yang akan diusung, " ujar Wakil Ketua DPRD Sulut ini.
Ia menekankan, DPW tugasnya menjaring sementara keputusan menyeleksi dan menetapkkan calon diusung ada di DPP.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved