Jual Barang Bekas Banjir

Alternatif Jual Mobil Bekas Kena Banjir, Semakin Mewah Semakin Turun Harga

Menjual mobil bekas terkena banjir bisa menjadi salah satu alternatif pilihan agar tidak rugi. Namun, semakin mewah mobil bisa jadi semakin anjlok.

Alternatif Jual Mobil Bekas Kena Banjir, Semakin Mewah Semakin Turun Harga
Kompas.com
Sebuah mobil Honda Brio rusak berat akibat terendam banjir di kawasan Pondok Gede Permai, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis(2/1/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Salah satu pilihan alternatif yang bisa dilakukan pada mobil yang pernah terendam banjir adalah menjualnya kembali.

Hal itu biasanya dilakukan untuk mengalihkan resiko dan mengurangi kerugian pemilik.

Namun tentu saja harga jual tidak bisa tinggi.

Senior Manager bursa mobil bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih menyebut nilai mobil bekas banjir pasti turun meski sudah pernah diperbaiki. Besaran depresiasinya sekitar 10-50 persen dari harga pasaran.

"Sebagai contoh Toyota Avanza dan sekelasnya, itu turun 10-20 persen dari harga pasaran. Jadi, misalkan sekarang harganya sekitar Rp 100 juta, karena ada faktor tersebut turun sampai Rp 20 jutaan, jadi hanya Rp 80 jutaan," katanya Rabu (8/1/2020).

Sementara untuk mobil yang berada di atasnya seperti Toyota Kijang Innova, diprediksi bisa anjlok 20-30 persen dari harga pasaran.

"Semakin mewah, memang semakin besar turun harganya walaupun sudah diperbaiki. Sebab, mobil yang sudah terendam pasti tidak 100 persen kembali sedia kala, ada saja nanti yang tidak normal fungsinya. Itu kelihatan ketika sudah tiga bulan pemakaian kembali," ujar Herjanto.

Penurunan paling parah, lanjut Herjanto, akan terjadi pada mobil premium yang sudah computerized.

Contoh kendaraan seperti ini ialah Toyota Camry, Honda Civic, semua model Lexus, dan lainnya.

"Mobil mewah seperti itu akan turun sampai 50 persen dari harga pasar. Tidak bisa bayangkan mobil sport seperti Lamborghini, Porsche, McLaren, itu kalau tidak asuransi akan jadi berapa harga jual kembalinya," kata dia.

Penentuan turunnya harga jual kendaraan pasca-banjir tergantung pada kondisi.

Jika genangan air sempat merendam seluruh mobil, harganya tentu akan semakin anjlok.

Apalagi jika mobil sudah turun mesin.(*)

Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved