Info Kesehatan

Kaum Milenial Dihantui Masalah Penyakit Tekanan Darah Tinggi, Berikut 8 Makanan yang Harus Dihindari

Tips dan trik kesehatan, generasi Milenial dihantui dengan masalah tekanan darah tinggi / hipertensi. Simak 8 makanan yang harus dihindari.

Kaum Milenial Dihantui Masalah Penyakit Tekanan Darah Tinggi, Berikut 8 Makanan yang Harus Dihindari
NET
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Generasi milenial atau mereka yang lahir di tahun 1980 hingga awal tahun 2000-an sebenarnya masih tergolong muda.

Namun, nyatanya generasi yang dinamai dengan milenial sudah menghadapi masalah kesehatan, terutama tekanan darah tinggi.

Dilansir dari Kompas.com, pada awal tahun 2020  Blue Cross Blue Shield merilis data kesehatan 55 juta orang dalam laporan Health of Millenials.

 

Ilustrasi gula darah tinggi
Ilustrasi gula darah tinggi (Healthiack)

Salah satu statistik yang mengejutkan, dari tahun 2004 hingga 2017 prevelensi tekanan darah tinggi pada orang yang berusia 21 tahun hingga 36 tahun melonjak 16 persen.

Dibandingkan dengan Gen X ketika mereka berada pada usia yang sama, hipertensi pada generasi milenial 10 persen lebih tinggi.

Tekanan darah tinggi adalah tekanan darah yang berada di atas 130 sistolik ( bacaan ataus yang menunjukkan tekanan di arteri saat jantung berkontraksi) atau lebih dari 80 diastolik (bacaan bawah yang merupakan tekanan di antara detak jantung).

“Tekanan darah tinggi akan membuat pembuluh darah menegang dan memaksa tekanan darah yang lebih tinggi lagi,” jelas dokter jantung Michael Miedema, MD, MPH, dari Minneapolis Heart Institute Foundation.

Hal tersebut dapat menciptakan tekanan pada dinding pembuluh darah, menyebabkan rantai inflamasi yang buruk, penumpukan plak, dan risiko yang lebih tinggi lagi yaitu terkena serangan jantung dan stroke.

Dulu, masalah tekanan darah tinggi hanya untuk orang tua dan dianggap kecil kemungkinannya terjadi pada anak muda.

Namun, kini tidak lagi, karena banyak juga anak muda yang mengalami masalah tekanan darah tinggi.

 

Ini 8 makanan yang harus dihindari

Halaman
1234
Editor: Chintya Rantung
Sumber: TribunStyle.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved