Breaking News:

Helikopter Kepala BNPB Gagal Terbang

Cerita Kepala BNPB dan Rombongan Selamat dari Kecelakaan Heli

Kecelakaan udara sempat mewarnai kunjungan Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo ke Tahuna.

Tribun Manado / Jufry Mantak
Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo menginap di rumah dinas Bupati Sangihe 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Kecelakaan udara sempat mewarnai kunjungan Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo ke Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Senin (6/1/2020).

Helikopter Mi-35 Penerbad Noreg HS-7154 yang mengangkut rombongan sempat take off beberapa menit, namun situasi angin yang cukup kencang mengakibatkan hilang keseimbangan dan sempat menyeret kendaraan yang terparkir di Lapangan Gesit, Tahuna.

Top Scorer Bali United Dirumorkan Bakal Hengkang, Apa Komentar Teco?

Beruntung, situasi dapat diatasi hingga helikopter bisa mendarat di posisi semula. Doni Monardo bersyukur tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. "Beruntung tidak ada korban. Kami memutuskan untuk menunda perjalanan," ujarnya.

Selain Kepala BNPB, ada Asisten I Pemprov Sulut Edison Humiang, Egy Fajar Masadiah (BNPB) dan Jarwansah (BNPB) dalam penerbangan itu. Bupati Sangihe Jabes Gaghana, enggan berkomentar banyak terkait peristiwa tersebut. "Dari beliau (Doni Monardo) meminta insiden ini tidak perlu dipublikasi. Yang jelas saat ini kondisi para korban bencana banjir bandang saat ini sementara pemulihan," singkatnya.

Pantauan di lokasi, Kepala BNPB bersama rombongan terpaksa menunda perjalanan menggunakan helikopter. Situasi saat itu sangat menegangkan karena helikopter yang dalam kondisi terbang rendah membuat panik semua pengantar dan rombongan di lapangan.

Turut dalam rombongan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Sangihe, Dandim, Kapolres, Kajari, Forkompimda Sangihe, BPBD Sangihe dan Sulut serta sejumlah pejabat Pemprov Sulut.
Monardo melakukan kunjungan ke lokasi bencana di Desa Lebo.

Desa itu pada Jumat 3 Januari 2020 terkena bencana banjir bandang dan tanah longsor. Akibat bencana tersebut, tiga orang meninggal, sejumlah rumah hanyut dan infrasturktur rusak parah.

Pangdam XIII/Merdeka (Mdk) Mayjen TNI Tiopan Aritonang melalui Kapendam XIII/Merdeka Kolonel Kav M Jaelani menyampaikan bahwa telah terjadi gagal terbang Helikopter Mi-35 Penerbad.

Dalam rilis yang di keluarkan di Manado, 6 Januari 2020 Nomor : SP-3/I/2020/Pen, ditulis helikopter yang gagal terbang ditumpangi Kepala BNPB beserta rombongan di lokasi bencana Sangihe, Senin (6/1/2020).

Tiongkok Langgar Kedaulatan RI dan Hukum Internasional, Kapal China Masih Tetap dalam Wilayah ZEE

Kapendam XIII/Merdeka mengatakan, bahwa pada pukul 06.10 Wita Kepala BNPB dan rombongan dari Jakarta tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado menggunakan pesawat komersil.
Mereka disambut Kasdam XIII/Mdk, Danlanudsri, Kasiops Korem 131/Stg, Kasiter Korem 131/Stg, Asisten 1 Pemda Sulut. Sesuai surat permohonan Kepala BNPB Nomor B-5/KA.BNPB/PD.01.02/01/2020 tanggal 5 Januari 2020 tentang, permohonan dukungan Helikopter kepada Panglima TNI untuk mendukung pelaksanaan kegiatan penanganan darurat bencana di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Halaman
123
Penulis: Tim Tribun Manado
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved