News

Air Sumur Warga DItemukan Mendidih, Kepala BPBD Musi Banyuasin Imbau Jangan Digunakan

Air sumur warga Musi Banyuasin ditemukan mendidih, Senin (6/1/2020). Kepala BPBD Musi Banyuasin imbau warga jangan gunakan air sumur tersebut.

Air Sumur Warga DItemukan Mendidih, Kepala BPBD Musi Banyuasin Imbau Jangan Digunakan
Kompas.com
Air Sumur warga Musi Banyuasin, Sumatera Selatan ditemukan mendidih sejak Senin (6/1/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kejadian air sumur mendidih yang terjadi sejak Senin (6/1/2020) di Desa rantau Panjang, Kecamatan Lawang Wetan, Kabuapten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan menghebohkan masyarakat sekitar.

Namun Kepala BPBD Musi Banyuasin, Indita Purnama mengatakan air tersebut tidak dalam kondisi panas, hanya mengeluarkan gelembung dari dasar sumur.

Dengan adanya fenomena tersebut Indita mengimbau masyarakat jangan dulu menggunakan air itu sebelum ada kajian khusus.

"Air sumur tidak panas dan tidak berbau, tetapi kita tetap meminta masyarakat untuk tidak mempergunakannya serta beraktivitas di dekat sumur sampai Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) mengeluarkan hasil uji sampel air," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Musi Banyuasin, Andi Wijaya Busro mengatakan fenomena air sumur mendidih bisa disebabkan karena dampak dari kemarau panjang yang sebelumnya melanda Sumsel.

"Kemudian saat hujan air mulai masuk dan keluar dari rongga sumur warga, bisa seperti itu. Tapi kita akan uji dulu kualitas air sumur di sini," ujarnya.

Untuk mengetahui penyebab air di dalam sumur itu dapat mendidih, pihaknya pun mengambil sampel untuk dilakukan pengecekan. 

"Kita nanti bisa mengetahui dari hasil pengecekan sampel air. Apakah ada kandungan gas atau tidak. Atau itu hanya tekanan mata air yang ada di sana," katanya.(*)

Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved