Berita Manado

Bentangan Saluran Air di Manado Perlu Pembenahan

Dalam apel kerja perdana pasca libur dan cuti Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 jajaran Pemerintah Kota Manado yang dilaksanakan Senin (06/01/2020).

Bentangan Saluran Air di Manado Perlu Pembenahan
TRIBUN MANADO/FERDINAND RANTI
Apel Perdana Pemkot Manado 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dalam Apel kerja perdana pasca libur dan cuti Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 jajaran Pemerintah Kota Manado yang dilaksanakan Senin (06/01/2020) di pelataran parkir Balai Kota.

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut di hadapan Wakil Wali Kota Mor Dominus Bastiaan, Sekretaris Daerah, Micler Lakat, seluruh pejabat, ASN, dan Kepala Lingkungan se-Kota Manado, mengemukakan hal menarik terkait cuaca ekstrim.

Dari 5 hal penyampaian beliau, terkait cuaca ekstrim, Wali Kota Lumentut menjelaskan pentingnya membenahi drainase/saluran air di Manado, terutama di saat cuaca ekstrim seperti sekarang.

"Pola ruang permukiman di Kota Manado telah mengalami perubahan dan perkembangan yang sangat pesat.

Desain/perencanaan dan bentangan saluran air yang ada sekarang ini sudah tidak mencukupi jika dibandingkan dengan volume/debit air jika terjadi curah hujan yang cukup tinggi," katanya.

Lanjut Wali Kota, itu karena di banyak tempat yang dahulu menjadi daerah serapan air karena banyak pohon, sekarang menjadi pohon kawasan permukiman.

Luncuran air jadi lebih cepat.

"Kalu torang samua suka itu air cepat menuju laut, maka torang harus pastikan saluran air nyanda taprop atau tersumbat. Tetapi penyesuaian dan pembenahan bentangan saluran air tersebut membutuhkan anggaran yang tidak sedikit," ujarnya.

Kalau sekarang kita mau menyusunnya, 2 tahun APBD Kota Manado hanya akan diperuntukkan bagi pembangunan drainase.

"Nanti torang samua bisa lihat, kalu hujan deras lalu air langsung surut, berarti saluran air kita bagus. Tetapi jika genangannya lama surut, berarti saluran air kita bermasalah.

Halaman
12
Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved