Breaking News:

Berita Sangihe

27 Warga Negara Asing Dipulangkan Kanim Tahuna Sepanjang 2019

Selama tahun 2019, Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II TPI Tahuna telah melakukan 27 deportasi, bagi warga negara asing yang masuk ke Indonesia.

Penulis: Nielton Durado | Editor: Alexander Pattyranie
ISTIMEWA
James S J Sembel 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Selama tahun 2019, Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II TPI Tahuna telah melakukan 27 deportasi, bagi warga negara asing yang masuk ke Indonesia.

Hal ini dibeberkan oleh Kepala Kanim Kelas II Tahuna James S J Sembel ketika dihubugi tribunmanado.co.id, Senin (06/01/2020).

Menurut Sembel dalam hal penegakan hukum, selama kurun 2019 pihaknya telah melakukan pemberian Tindakan Administrasi Keimigrasian (TAK) berupa Deportasi kepada 27 orang WNA dan Repatriasi (pemulangan) kepada 1 orang WN Filipina yang terdampar.

Adapun berikut rinciannya sesuai kebangsaannya yaitu, Filipina 24 orang, Australia 1 orang, Rusia 1 orang, dan Tiongkok 1 orang.

Serta 1 orang dengan alasan kemanusiaan dipulangkan ke Filipina karena terdampar di Wilayah Indonesia saat sedang memancing ikan dengan kapal tradisional.

"Warga Negara Filipina masih mendominasi sebagai WNA yang paling banyak dikenakan deportasi karena beberapa kasus hukum yaitu kasus pencurian ikan, kasus ilegal stay dan kasus penyelundupan barang," ujarnya.

Namun jika dibandingkan tahun 2018 pemberian TAK jumlahnya menurun dimana tahun 2018 berjumlah 32 orang.

Kedepan pada tahun 2020, Kantor Imigrasi Tahuna menargetkan untuk jumlah pemberian TAK dapat menurun lagi sebagai indikasi bahwa telah berkurangnya pelanggaran keimigrasian yang dilakukan oleh WNA.

Selain itu dalam rangka kerjasama dan koordinasi pengawasan Orang Asing pada bulan Maret 2019 telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Timpora Kabupaten Kepulauan Sangihe yang melibatkan stakeholder terkait.

Kemudian untuk menguatkan pengawasan orang asing sampai tingkat kecamatan pada bulan November 2019 telah dibentuk Tim Pengawasan Orang Asing (TimPora) tingkat kecamatan se Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang dan Biaro.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved