Berita Bola

Jalur Khusus Pemain Indonesia Untuk Berkarier di Liga Korea Selatan

Liga sepak bola profesional Korea Selatan atau K-League akhirnya resmi memberlakukan aturan baru mengenai kuota pemain asing.

Jalur Khusus Pemain Indonesia Untuk Berkarier di Liga Korea Selatan
FCSEOUL
Eks Pemain Timnas Korea Selatan, Cho Chan-ho di K-League. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Liga sepak bola profesional Korea Selatan atau K-League akhirnya resmi memberlakukan aturan baru mengenai kuota pemain asing.

Kuoto pemain asing ini untuk pemain ASEAN, dan  diberlakukan mulai musim 2020.

Rencana mengenai penerapan aturan ini sudah muncul sejak beberapa bulan lalu dan akhirnya pengelola K-league mengumumkan pengesahannya pada Jumat (3/1/2020).

Seperti dikutip SuperBall.id dari Yonhap News Agency, aturan baru tersebut membuat klub-klub K-League kini bisa memiliki lima pemain asing.

Lima pemain asing tersebut terdiri dari tiga pemain dengan negara asal manapun, satu dari negara anggota Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan satu lagi dari negara anggota ASEAN.

Adapun negara yang merupakan anggota ASEAN adalah Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Selain soal kuota pemain asing ASEAN, aturan baru lainnya yang dimiliki K-League mulai musim 2020 adalah terkait skorsing akibat hukuman kartu, batas minimal gaji pemain, lapangan.

Eks Timnas Indonesia U19 Mahdi Albar Kembali Perkuat Sulut United

Kini, skorsing satu laga akan diberikan kepada pemain yang menerima lima kartu kuning plus satu skorsing lagi setiap tambahan tiga kartu kuning.

Jika seorang pemain sudah dua kali diskorsing karena hukuman tersebut, setelahnya pemain tersebut akan diskorsing dengan hanya menerima dua kartu kuning.

Sementara itu untuk gaji, kini gaji minimal setiap pemain adalah 24 juta won dari yang sebelumnya 20 juta won.

Kemudian, aturan lapangan juga mengizinkan digunakannya rumput campuran antara rumput asli dengan sintetis, dengan syarat kandungan rumput sintetis harus kurang dari lima persen.

Dengan demikian, aturan tersebut menjadi jalur khusus bagi para pemain dari Indonesia dan negara ASEAN Lainnya untuk berkarier di Negeri Ginseng.

Selama ini, pemain Asia Tenggara tergolong jarang yang berkarier di Korea Selatan baik itu di kasta teratas atau kasta kedua.

Pada musim 2019 saja, hanya ada satu pemain ASEAN yang bermain secara profesional di liga Korea Selatan.

Pemain tersebut adalah Nguyen Cong Phuong yang bermain bersama klub Incheon United.

Laga Persija Vs PSM Masuk Daftar Penonton Terbanyak Dunia, Bersaing dengan Barca dan Real Madrid

Artikel ini telah tayang di SuperBall.id dengan judul Pemain Indonesia Kini Bisa Berkarier di Liga Korea Selatan Lewat Jalur Khusus

Editor: Rizali Posumah
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved