Breaking News:

Banjir di Jakarta

12 Personel Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Diturunkan Bantu Warga Korban Bencana Banjir

TNI terus melakukan evakuasi membantu masyarakat korban banjir yang masih terjebak. Hingga kemarin TNI juga menurunkan tim khusus.

KOMPAS.COM/ACEP NAZMUDIN
Jembatan yang menghubungkan tiga kecamatan di Kabupaten Lebak putus setelah banjir bandang menerjang Rabu (1/1/2020) pagi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bantuan bagi korban bencana banjir di Jakarta terus berdatangan.

TNI sampai menurunkan pasukan khusus untuk menjamin keselamatan masyarakat korban banjir di Jakarta. 

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI mengerahkan tim untuk membantu warga terdampak banjir di Lebak Banten dan Cawang Jakarta Timur sejak Rabu (1/1/2020).

Kepala Penerangan Kopassus Letkol Inf Susilo EB mengatakan Kopassus telah mengirimkan anggotanya untuk memberikan pertolongan pada warga masyarakat korban banjir di Kampung Cibedil, Desa Sangiang Kecamatan Maja Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Susilo mengatakan, tim berkekuatan 12 orang yang dipimpin oleh Letda Inf Sahrul tersebut berangkat dari Mako Grup-1 Kopassus Rabu siang dan sampai di lokasi menjelang petang.

"Tim dilengkapi dengan tenaga medis dan peralatan pendukung utamanya perahu karet. Sampai di lokasi tim segera memberikan bantuan namun karena ada beberapa lokasi yang tidak bisa dicapai dengan menggunakan perahu karet, maka pertolongan dilakukan dengan cara digendong menyeberangi air hampir mencapai pinggang dalam cuaca yang relatif gelap," kata Susilo ketika dikonfirmasi Tribunnews.com pada Kamis (2/1/2020).

Selain itu, ia juga mengatakan Kopassus juga menerjunkan satu tim berkekuatan delapan orang dipimpin oleh Letda Inf Joko Prayitno untuk membantu warga terdampak banjir di Kelurahan Cawang Kecamatan Kramatjati Jakarta Timur.

"Tim dengan menggunakan perahu karet berhasil mengevakuasi beberapa warga yang terjebak banjir diantaranya Ana (35 tahun), Kodir (50 tahun) dan Yanto (60 tahun), dan selanjutnya dibawa ke tempat aman," kata Susilo.

Selain mengevakuasi, Susilo mengatakan, tim juga berusaha memberikan bantuan medis kepada sejumlah warga yang terdampak banjir.

Sebagaimana diketahui, Lebak Banten dan Cawang Jakarta Timur merupakan dua wilayah yang juga terdampak banjir akibat hujan deras yang mengguyur di sejumlah wilayah di Jabodetabek sejak Selasa (31/12/2019) malam hingga Rabu (1/1/2020) siang.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com 

Subscribe YouTube Channel Tribun Manado:

Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved