Berita Kesehatan

Apakah Tangan yang Sering Berkeringat Adalah Tanda Penyakit Jantung? Berikut Penjelasan Dokter

Sudah sejak lama, bahkan sebelum internet seramai sekarang ini, rang-orang kerap kali menghubungkan tangan yang berkeringat sebagai sakit jantung.

NAKITA
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sudah sejak lama, bahkan sebelum internet seramai sekarang ini, rang-orang kerap kali menghubungkan tangan yang sering berkeringat sebagai salah satu tanda mengidap penyakit jantung.

Nah terkait hal ini, bagaimana tanggapan dokter?

Menurut keterangan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Heart Center Siloam Hospital Lippo Village, Vito Damay, tangan yang sering basah karena berkeringat nggak selalu jadi tanda bahwa orang tersebut penyakit jantung.

Vito menjelaskan, tangan yang berkeringat bisa saja merupakan tanda syaraf simpatik, apalagi ketika mereka sedang dalam keadaan grogi.

"Ada orang yang nervous keringat tangannya. Karena ini salah satu tanda saraf simpatik kita," jelas Vito, seperti dikutip dari Kompas.com.

Meskipun begitu, pernyataan yang menyebut bahwa tangan berkeringat menjadi tanda penyakit jantung juga nggak sepenuhnya salah.

Orang-orang yang menderita penyakit jantung mudah berkeringat karena tubuh mereka berusaha untuk beradaptasi dan bekerja keras padahal nggak mampu melakukannya.

Pengetahuan Baru Nih, Ternyata Jamur Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebagai contoh, orang-orang akan mudah mengalami sesak nafas mereka saat beraktivitas, serta merasa berat dan nyeri pada bagian dada seperti tengah mendapat tekanan.

"Kalau misalkan kita sedang kerja, jalan, lari, jantung terasa sesak itu salah satu tandanya."

"Dada sakit sekali, kayak mau mati, seperti ditekan benda berat," terangnya menambahkan.

Untuk memastikan penyakit apa yang diderita, Vito menganjurkan orang-orang untuk melakukan pemeriksaan melalui cek Ekokardiografi supaya mendapatkan hasil pasti.

Maka dari itu sob, jangan males ke dokter secara berkala ya untuk memeriksakan kondisi tubuh kalian!

Kalau penyakit-penyakit ganas dapat dideteksi sejak awal, tentunya penanganan maupun peluang untuk sembuh menjadi lebih mudah dan besar. (*)

Makanan Enak Ini Bikin Cepat Tua Bagi yang Doyan Mengonsumsinya

Artikel ini telah tayang di hai online dengna judul Tangan Sering Berkeringat Jadi Tanda Penyakit Jantung, Begini Penjelasan Dokter

Editor: Rizali Posumah
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved