Bank Sampah, Solusi Terbaik Mengatasi Persoalan Sampah

Atas kerja sama Pemkot Manado melalui kecamatan Mapanget dengan PT Pegadaian Wilayah V Manado.

Bank Sampah, Solusi Terbaik Mengatasi Persoalan Sampah
Istimewa
Bank Sampah, Solusi Terbaik Mengatasi Persoalan Sampah 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Wali Kota Manado, DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, meresmikan Bank Sampah Mandiri Lestari Kecamatan Mapanget 'Program The Gade Clean and Gold - Memilah Sampah Menabung Emas', bertempat di jalan konsolidasi Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manado.

Atas kerja sama Pemkot Manado melalui kecamatan Mapanget dengan PT Pegadaian Wilayah V Manado.

Kegiatan ini bertujuan untuk penanggulangan sampah yang serius dengan membuat lingkungan bersih dan sehat.

"Persoalan sampah memang masih menjadi persoalan pelik bagi kota-kota di Indonesia. Tak terkecuali kota Manado, sebagai kota yang tengah berkembang pesat. Sampah menjadi salahsatu permasalahan di Kota Manado," kata GSVL, Senin (23/12/2019).

Meningkatnya tumpukan sampah berbanding lurus dengan bertambahnya jumlah penduduk sehingga semakin besarnya volume sampah yang dihasilkan oleh setiap manusia.

Wali Kota, menegaskan bahwa solusi dari permasalahan sampah yaitu melalui pengembangan Bank Sampah. Pembangunan Bank Sampah ini harus menjadi momentum awal membina kesadaran kolektif masyarakat untuk memulai memilah, mendaur-ulang, dan memanfaatkan sampah, sehingga pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan menjadi budaya baru di Kota Manado Maka sebagian tanggung jawab pemerintah dalam pengelolaan sampah juga menjadi tanggung jawab masyarakat.

"Selamat atas peresmian bank sampah Mandiri Lestari kecamatan Mapanget, terima kasih Pengadaian wilayah V Manado yang sudah ikut peduli dengan sampah dan lingkungan yang bersih. Ayo pemerintah dan rakyat kec. Mapanget jadi contoh bagi kecamatan lain untuk pengelolaan sampah melalui bank sampah, memilah sampah menabung emas," ujar Wali Kota.

Diketahui Bantuan dari Pegadaian, yakni Bangunan kantor bank sampah, 2 Motor sampah, Kelengkapan kantor, mesin press sampah.(fer)

 Ketika Panglima TNI Berkisah soal Cengkih, dan Canda soal Gagal Dapat Istri di Manado

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved