Puskesmas Tambelang Ukir Prestasi, Terakreditasi Kemenkes RI Pertama di Kabupaten

Potalangi mengungkapkan, setiap proses untuk mencapai prestasi ini bukanlah hal yang mudah.

Puskesmas Tambelang Ukir Prestasi, Terakreditasi Kemenkes RI Pertama di Kabupaten
Istimewa
Puskesmas Tambelang Ukir Prestasi, Terakreditasi Kemenkes RI Pertama di Kabupaten 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Prestasi membanggakan dalam dunia kesehatan di Minahasa Tenggara (Mitra) Sulawesi Utara (Sulut) tak perlu diragukan lagi.

Kali ini, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tambelang, Kecamatan Touluaan Selatan, Kabupaten Mitra diakreditasi sebagai salah satu puskesmas yang memiliki fasilitas kesehatan tingkat pertama di Minahasa Tenggara.

Dokter Marsel Potalangi menejer akreditasi mengatakan, Puskesmas Tambelang menjadi satu-satunya Puskesmas di Kabupaten Mitra yang terakreditasi oleh Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia RI.

"Capaian membanggakan ini merupakan Akreditasi utama dan yang pertama untuk seluruh Puskesmas di Kabupaten ini," ungkap Potalangi kemarin (21/12/2019)

Ia mengaku, prestasi ini bukanlah hal yang mudah bagi Puskesmas untuk mencapi titik ini. Kerjasama lintas program, lintas sektor, tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh masyarakat, tim pendamping akreditasi serta dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mitra lewat Dinas Kesehatan (Dinkes) sangat membantu hingga tahapan akreditasi yang membanggakan tersebut.

Potalangi mengungkapkan, setiap proses untuk mencapai prestasi ini bukanlah hal yang mudah.

"Memang setiap proses pastinya ada kendala dan halangan, tapi berkat kerjasama dan komunikasi yang baik, semua kendala dan halangan dapat diminimalisir dan berjalan mulus," tukasnya.

Dirinya berharap, dengan capaian itu, pelayanan Puskesmas Tambelang akan lebih baik lagi ke depannya.

Selain itu, prestasi ini bisa terus dipertahankan dengan dibuktikannya peningkatan pelayanan yang maksimal lagi di Puskesmas tersebut.

"Hasil ini menjadi titik awal untuk puskesmas dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," katanya.

Ditambahkanya tingkat kelulusan akreditasi ini, berdasarkan beberapa elemen penilaian yang terdiri dari administrasi, upaya kesehatan perseorangan dan upaya pelayanan kesehatan luar gedung puskesmas, seperti Posyandu yang terus dimaksimalkan

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Dinkes Mitra, Dr Helny Ratuliu berkata Minggu (22/12/2019), pihaknya sangat bersyukur dan bangga atas prestasi yang dicapai, karena walaupun Puskesmas Tambelang berlokasi di tempat terpencil, namun mampu menjadi contoh untuk puskesmas-puskesmas lain yang ada di Kabupaten Mitra.

Ini merupakan capaian yang luar biasa hebat. Semua capaian itu tentu atas dukungan penuh dari Pemkab Mitra di bawah kepemimpinan Bupati James Sumendap SH dan Wakil Bupati Drs Jesaja J O Legi.

"Diharapakan bisa menjadi percontohan bagi puskesmas lain yang ada di Minahasa Tenggara. Dan prestasi ini senantiasa bisa terus dipertahankan dan masalah pelayanan bisa terus ditingkatkan lagi," kunci Ratuliu. (Ano)

 Mahfud: Dari Bupati Sampai Presiden Islam, Sentil Sri Mulyani Puasa Senin-Kamis

 KKB Papua Menggila, Tembaki Pesawat Warga Sipil, Ada 7 Penumpang Salah Satunya Bayi

Penulis: Giolano Setiay
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved