Gandeng Kejaksaan, BPJS Kesehatan Gelar Compliance Express Terpadu

Dalam rangka mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan sebagai bentuk komitmen bersama

Gandeng Kejaksaan, BPJS Kesehatan Gelar Compliance Express Terpadu
istimewa
Gandeng Kejaksaan, BPJS Kesehatan Gelar Compliance Express Terpadu 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Tomohon-  Dalam rangka mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan sebagai bentuk komitmen bersama antar lembaga yang berwenang dalam pengawasan atas kepatuhan peserta dan pemberi kerja untuk mewujudkan cakupan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional dan penegakkan hukum atas ketidakpatuhan peserta dan pemberi kerja dalam melaksanakan kewajiban, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tondano melalui Kantor Kota Tomohon melaksanakan Compliance Express Terpadu dengan melibatkan Kejaksaan Negeri Kota Tomohon, Dinas Tenaga kerja, Dinas Koperasi dan UMKM, serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPSTP).

Dalam kegiatan tersebut, BPJS Kesehatan memberikan kemudahan administrasi kepesertaan badan usaha melalui mekanisme Compliance Express yang mendukung penyelesaian administrasi lebih cepat dengan mengundang sejumlah badan usaha untuk menindaklanjuti jumlah kepesertaan pegawainya yang belum di daftarkan dalam Program JKN-KIS.

Hal ini juga sangat didukung oleh pemerintah Kota Tomohon sebagai wujud kolaborasi dan koordinasi yang baik lintas sektor dan menjadi gambaran pada seluruh badan usaha yang beroperasi di Kota Tomohon untuk turut serta, patuh dan taat dalam pelaksanaan program JKN-KIS. Kasie Datun Kejaksaan Negeri Tomohon, Yosi Korompis, SH menyatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan tersebut adalah bentuk pengawasan dan penindakan bagi badan usaha untuk segera mendaftarkan badan usahanya termasuk kayawan dan keluarganya karena telah menjadi amanat Undang-Undang dan sebagai Warga Negara wajib mengikuti ketentuan yang berlaku.

Badan usaha yang hadir dalam kegiatan tersebut juga terlihat antusias untuk memproses dan mendaftarkan badan usahanya dalam kegiatan Compliance Express ini. “Karena dengan adanya kegiatan ini semua badan usaha menjadi tahu informasi terkait BPJS Kesehatan dan JKN-KIS khususnya informasi terbaru terkait penyesuaian iuran JKN-KIS yang regulasinya baru dikeluarkan oleh pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019. Sehingga mereka tidak salah kaprah atau termakan berita hoax terkait informasi penyesuaian iuran.” Tambah Ikya Ulumudin, Kepala Kantor Kota Tomohon.

Dari hasil kegiatan sosialisasi dan Compliance Express terpadu yang dilaksanakan, tercatat Badan Usaha yang sebelumnya belum mendaftar secara langsung mendaftarakan Badan Usaha berikut karyawannya pada kegiatan tersebut. “Ini pertanda bahwa masyarakat mulai paham dan mengerti maksud didirikan program JKN-KIS oleh pemerintah dengan prinsip gotong royong yang digaung-gaungkan. Dan tentunya masyarakat menjadi lebih paham akan pola hidup sehat dan menjaga kesehatan sebelum sakit. Inilah manfaat utama program JKN-KIS.” tutup Ikya. (ap/iu).

Editor: Enjelita Sandra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved