Berita Bolmong

PUPR Kabupaten Ini Gelar Ekspos Penyusunan Materi RDTR

Dinas PUPR Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar ekspos akhir kegiatan penyusunan materi teknis RDTR 11/12/2019.

PUPR Kabupaten Ini Gelar Ekspos Penyusunan Materi RDTR
ISTIMEWA
PUPR Kabupaten Ini Gelar Ekspos Penyusunan Materi RDTR 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar ekspos akhir kegiatan penyusunan materi teknis RDTR 11/12/2019 di Hotel Sutanraja Kotamobagu, Sulawesi Utara.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas PUPR Bolmong Ir Channy Wayong ME.

Channy mengatakan Penyusunan RDTR mengacu pada Pasal 1 Undang Undang Tata Ruang (UU No. 26 tahun 2007),

Penyelenggaraan tata ruang harus dilaksanakan melalui proses: pengaturan, pembinaan, pelaksanaan dan pengawasan.

Penyempurnaan yang dilakukan melalui undang-undang tersebut adalah peraturan zonasi yang diharapkan dapat mendukung pengendalian pemanfaatan ruang yang telah ditetapkan.

Menurutnya Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Peraturan Zonasi (PZ) yang disusun harus berkualitas dan dapat langsung diaplikasikan dalam operasional pemanfaatan dan pengendaliaan pemanfaatan ruang.

Oleh karena itu, dia mengatakan pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan lainnya membutuhkan suatu pedoman dalam menyusun rencana tata ruang tersebut.

Dengan terbitnya Permen ATR/BPN No 16/2018 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Peraturan Zonasi (PZ) Kabupaten/Kota, yang juga merupakan amanat dari PP No. 15 Tahun 2010 Pasal 59 ayat 6 dan Pasal 155 ayat 2.

“Pengaturan RDTR oleh suatu daerah menjadi sangat krusial karena dapat berdampak pada upaya peningkatan investasi sesuai dengan program pemerintah saat ini.

Melalui RDTR investor dapat mengetahui dan memiliki kepastian bahwa lokasi yang akan dipilihnya telah sesuai dengan rencana pengembangan yang tertuang di Perda RDTR termasuk ketentuan perizinannya” ungkapnya

Halaman
12
Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved