Berita Manado

Accor Group Edukasi Bahaya HIV/AIDS ke Ratusan Siswa SMKN 3 Manado

Ratusan siswa SMKN 3 antusias mengikuti edutalkshow Bahaya HIV/AIDS yang digagas Accor Group Manado, Sulawesi Utara, Kamis (12/12/2019).

Accor Group Edukasi Bahaya HIV/AIDS ke Ratusan Siswa SMKN 3 Manado
ISTIMEWA
Edutalkshow Bahaya HIV/AIDS Accor Group di SMKN 3 Manado, Kamis (12/12/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ratusan siswa SMKN 3 antusias mengikuti edutalkshow Bahaya HIV/AIDS yang digagas Accor Group Manado, Sulawesi Utara, Kamis (12/12/2019).

Mereka begitu bersemangat mengikuti materi utama yang dibawakan dr Joy Zekeon, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Manado.

Mereka tercengang ketika dr Joy bilang jumlah pengidap HIV di Sulut berada di angka 2.600 orang.

Di mana, Kota Manado dengan jumlah penderita tertinggi, 1.500 orang.

"Tahun lalu ada anak laki-laki usia SMP positif HIV. Dia terjangkit akibat hubungan sesama jenis," kata Joy.

Katanya, penyebab utama HIV/AIDS ialah perilaku hidup berisiko seperti seks bebas dan narkoba. Dokter berbagi banyak hal seputar HIV/AIDS, penyebab, cara penyebaran dan cara pencegahannya.

"Intinya, hindari pergaulan bebas dan lakukan hal positif, jauhi komunitas yang bisa membawa pengaruh negatif," kata Zekeon.

Sesi testimoni dari S, seorang ibu Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) membuat ruang pertemuan hening. Ratusan siswa itu diam. Terkesima menyimak kesaksian S yang sudah 13 tahun menyandang status ODHA.

S bercerita tentang latar belakang dan diskriminasi yang diterimanya dari warga sekampung, komunitas bahkan gereja. Tak hanya S, keluarganya, ayahnya, anaknya pun turut didiskriminasi.

Tesalonika Lumintang (15), siswa kelas 10 Jurusan Perjalanan Wisata bangga bisa ikut edutalkshow tersebut. "Baru ini saya tahu tentang HIV/AIDS.

Halaman
123
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved