News

Robert Winerungan: Uang Rupiah Dalam Bentuk Apapun Tidak Boleh Ditolak

"Ini uang rupiah dalam bentuk apapun itu adalah uang rupiah tidak boleh ditolak," kata Robert Winerungan, Rabu (11/12/2019).

Robert Winerungan: Uang Rupiah Dalam Bentuk Apapun Tidak Boleh Ditolak
Istimewa
Ekonom Unima, Dr Robert Winerungan MSi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tanggapan Pengamat Ekonomi dari Universitas Negeri Manado (Unima) Robert Winerungan mengenai jika ada masyarakat yang enggan memakai uang pecahan koin.

Hal ini dia sampaikan kepada tribunmanado.co.id saat diwawancarai melalui sambungan telepon.

"Ini uang rupiah dalam bentuk apapun itu adalah uang rupiah tidak boleh ditolak," kata Robert Winerungan, Rabu (11/12/2019).

Sebenarnya itu uang rupiah yang beredar kalau sampai ada yang menolak dalam pembayaran di masyarakat berarti melanggat Undang-undang.

"Karena uang itu merupakan alat pembayaran yang syah," tambahnya.

Pengamat tersebut menekankan, uang mempunyai nilai yang berharga di masyarakat dalam bentuk apapun seperti logam, kertas maupun bentuk lainnya.

"Hal itu tidak bisa ditolak oleh masyarakat maka uang rupiah dalam bentuk pecahan kecil-kecil dan sudah banyak bisa tukar di semua bank, tukarlah itu," tegasnya.

Sekali lagi, uang pecahan receh itu tidak boleh ditolak karena salah satu alat pembayaran yang resmi dan siapapun yang menolak pembayaran uang rupiah itu merupakan suatu bentuk pelanggaran.

"Perlu disosialisasikan kepada masyarakat bahwa yang namanya uang dan uang tersebut asli yang diterbitkan oleh Bank Indonesia maka tidak boleh ditolak sebagai alat pembayaran yang syah," ucap Robert.

Lanjutnya, kemungkinan masyarakat tidak mengetahui penampungan atau sebagainya itu tetapi kalau sudah dalam jumlah yang besar sebetulnya mereka bisa menukarkan ke bank manapun.

Halaman
12
Penulis: Dewangga Ardhiananta
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved