Bolmong

Sambut Tim Surveyor Kementerian Kesehatan, Sahara Optimistis Dua Puskesmas Terakreditasi

Tim Surveyor Akreditasi Fasilitas Kesehatan (Kemenkes) Tingkat Pertama (FKTP) dari Kementerian Kesehatan disambut Pemerintah Kabupaten Bolmong.

Sambut Tim Surveyor Kementerian Kesehatan, Sahara Optimistis Dua Puskesmas Terakreditasi
Istimewa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menyambut Tim Surveyor Akreditasi Fasilitas Kesehatan (Kemenkes) Tingkat Pertama (FKTP) dari Kementerian Kesehatan di Restoran D'Talaga Kamis (5/12/2019) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menyambut Tim Surveyor Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dari Kementerian Kesehatan di Restoran D'Talaga Kamis (5/12/2019) malam.

Kedatangan Tim Surveyor Akreditasi FKTP disambut langsung Asisten I Setda Bolmong Buang Derek Panambunan dan jajaran Dinkes Bolmong.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong, Sahara Albugis. Kedatangan Tim Surveyor ke Puskesmas Pusian, Kecamatan Dumoga dan Puskesmas Passi, Kecamatan Passi Barat untuk melakukan verifikasi akreditasi tungkat pertama dan melihat secara dekat, bagaimana pelayanan kepada masyarakat.

“Kemudian nantinya dinilai untuk mendapatkan akreditasi sesuai standar yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan " kata Sahara.

Dirinya juga mengatakan bahwa tujuan dari Tim Surveyor adalah untuk memantau pelayanan yang ada di puskesmas tersebut. Tim Surveyor akan turun selama tanggal 4 sampai 8 Desember 2019.

"Nanti pelayanan disini akan dinilai lalu setelah itu komisi akreditasi yang akan menentukan tingkat kelulusan akreditasinya " ujarnya

Ia juga mengatakan, dari total 18 Puskesmas di Kabupaten Bolmong sendiri sudah sepuluh Puskesmas diantaranya yang terakreditasi diantaranya Puskesmas Pangian, Doloduo, Mopuya, Tadoy dan Inobonto telah terakreditas di tahun 2017 sedangkan Puskesmas Poigar, Lolak, Maelang, Komangaan dan Imandi telah terakreditas pada tahun 2018.

"Suda ada sepuluh Puskesmas yang di akreditasi tungkat pertama dan akan di verifikasi ulang setelah tiga tahun kedepan. InsyaAllah Puskesmas Pusian dan Passi Barat akan terakreditasi pertama pada tahun 2019 ini,"ucapnya

Dirinya juga merasa optimis, Puskesmas Pusian dan Passi Barat akan mampu memenuhi kriteria yang akan dibutuhkan tim Surveyor tersebut.

"Kedua Puskesmas ini, termasuk padat pelayanannya," ujarnya.

Pelaksanaan akreditasi puskesmas sendiri dilaksanakan guna memenuhi visi misi Bupati Bolmong Yasti Soeprdjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tukk yang ingin meningkatkan pelayanan Bidang Kesehatan di Kabupaten Bolmong.

"Kita inginkan agar seluruh puskesmas terakreditasi, ini sejalan dengan visi misi pemerintah daerah yang ingin meningkatkan kualitas bidang pelayanan kesehatan masyarakat " tutupnya.

Diketahui tim Surveyor Akreditasi FKTP dari Kementrian Kesehatan yang hadir terdiri dari Reyni Anasiru SKM, M.Kes, Dr. Mira K Kaurupan Noya M.Kes (MARS) dan Hartuti SKM (UKM). (art/rls)

Subscribe YouTube Channel Tribun Manado:

Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved