Berita Bolmong

Humas dan Protokol Kabupaten Ini Ikut Bimtek Manajemen Kehumasan Pemerintah Daerah

Pemerintah Daerah menjadi peran utama dalam menyelenggarakan pemerintahan yang bersih dan transparan kepada masyarakat.

Humas dan Protokol Kabupaten Ini Ikut Bimtek Manajemen Kehumasan Pemerintah Daerah
ISTIMEWA
Humas dan Protokol Kabupaten Ini Ikut Bimtek Manajemen Kehumasan Pemerintah Daerah 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Daerah menjadi peran utama dalam menyelenggarakan pemerintahan yang bersih dan transparan kepada masyarakat.

Dalam menjalankan kebijakannya diperlukan peran Humas agar dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui komunikasi 2 arah.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Sub Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow mengikuti Bimbingan Teknis Manajemen Kehumasan Pemerintah Daerah.

Bimtek ini selama dua hari di Seminyak Bali.

Di mana dalam Bimtek ini juga diberikan pemahaman mengenai pengelolaan kehumasan, mulai dari membangun reputasi institusi, membangun opini publik yang mendukung, memberikan masukan dalam perumusan kebijakan, mengemas dan menyalurkan komunikasi 2 arah serta menangani krisis reputasi yang terjadi pada institusi.

Dalam penyampaian materi oleh Dr. I Gede Agus Wibawa, A.P, M.Si yang juga Dosen Universitas Ngurah Rai Bali dan Universitas Warmadewa Bali menjelaskan bahwa.

Tugas Humas Pemerintah Daerah adalah memberikan informasi yang berimbang dan benar kepada masyarakat, di mana orang-orang yang berada dalam struktur Organisasi Humas Pemerintah Daerah harus mampu menjadi komunikator yang
menjembatani komunikasi antara masyarakat dan pemerintah, karena hal inilah yang mendorong mengapa keberadaan Humas di dalam struktur organisasi pemerintah sangat penting.

Kepentingan tersebut tidak lain adalah menempatkan Organisasi Humas sebagai corong atau jalur media komunikasi dan informasi dari pemerintah kepada masyarakat, sebagai bentuk pelaksanaan Good Governance.

Dr I Gede Agus Wibawa AP MSi juga mengatakan peran Humas dalam memberikan informasi kepada masyarakat tentunya memerlukan strategi yang mengacu kepada prinsip pengembangan masyarakat.

Artinya respon masyarakat terhadap kegiatan Pemerintah Daerah yang dinformasikan oleh Organisasi Humas harus dapat dilihat sebagai salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah, walaupun bentuknya adalah sebuah kritikan, akan tetapi apabila dikaji secara mendalam dapat dijadikan sebagai sumber masukan yang sifatnya membangun.

Halaman
12
Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved