Calon Ketum PAN

Amien Rais Minta Zulkifli Hasan tak Maju Lagi, 4 Kader Nyatakan Maju Pencalonan Ketua PAN

Ini baru menarik. Pendiri sekaligus Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais menyatakan sebaiknya di PAN

Amien Rais Minta Zulkifli Hasan tak Maju Lagi, 4 Kader Nyatakan Maju Pencalonan Ketua PAN
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) didampingi Sekjen PAN Eddy Soeparno (kanan) menunjukkan nomor urut usai pengundian nomor urut partai politik peserta pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (18/2/2018). KPU resmi menetapkan nomor urut 14 partai politik nasional dan 4 partai lokal DI Aceh untuk pemilihan umum tahun 2019. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Ini baru menarik. Pendiri sekaligus Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais menyatakan sebaiknya di PAN seorang Ketua Umum hanya menjabat satu periode yakni selama lima tahun.

Zulkilfi Hasan dan Amien Rais
Zulkilfi Hasan dan Amien Rais (kataindonesia.com)

''Artinya bergilir supaya berikan kesempatan kepada kader yang lain, '' ujar Amien Rais dihadapan sejumlah kader PAN. Bahkan, saat itu dia meminta Zulkifli Hasan tak maju lagi. ''Sebaiknya Pak Zul tak maju lagi. Saya ajak tidak berani. Kita biasakan satu Ketua Umum hanya 5 tahun, satu periode cukup. Berikan kepada yang lain, '' ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional ( PAN) Totok Daryanto menyatakan, sejauh ini baru empat kader yang menyatakan diri maju sebagai bakal calon ketua umum PAN yang baru.

Mereka adalah mantan Ketua Fraksi PAN di DPR Mulfachri Harahap, Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Drajad Wibowo, mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Asman Abnur, dan petahana Zulkifli Hasan.

INFO Gempa Terkini Terjadi Dua Kali Hingga Siang Ini, Sabtu 7 Desember 2019, Ini Kekuatan dan Lokasi

2 Jenazah Kembar Dalam 1 Rumah, Ini 5 Fakta Anak Kembar, Saling Melengkapi hingga Kemampuan Telepati

Atta Halilintar Minum Susu Ibu Hamil Bareng Aurel, Putri Krisdayanti & Anang Hermansyah Ternyata?

"Selama ini baru muncul empat itu," kata Totok di Kantor DPP PAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (5/12/2019).

 Selain keempat orang itu, ia mengatakan, sebenarnya ada dua nama lain yang disebut-sebut bakal turut mencalonkan diri.

Mereka adalah Wali Kota Bogor Bima Arya dan anak pendiri PAN Amien Rais, yakni Hanafi Rais. Namun, keduanya belum resmi mendeklarasikan diri sebagai calon ketua umum. "Dari media ada beritanya, tapi saya sebagai senior di partai ini kok merasa belum pernah ketemu. Kan biasanya kalau mau maju, 'Ini mas mau maju'," ucap dia.

Menurut dia, tidak ada syarat khusus bagi kader untuk mencalonkan diri sebagai bakal calon ketua umum PAN. Sebab, PAN ingin memberikan kesempatan kepada seluruh kader untuk dapat berkompetisi dengan baik.

Adapun pemilihan ketua umum PAN periode 2020-2025 akan dilangsungkan pada saat Kongres PAN pada bulan Februari-Maret 2020. Akhir pekan ini, DPP PAN akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V untuk menentukan jadwal pelaksanaan Kongres PAN.

Editor: Aswin_Lumintang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved