Program SCF RS GMIM Bethesda Tomohon “Masalah Selesai Tanpa Masalah”

Untuk memberik kemudahan kepada fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dalam rangka pembayaran tagihan biaya pelayanan kesehatan,

Program SCF RS GMIM Bethesda Tomohon “Masalah Selesai Tanpa Masalah”
istimewa
Program SCF RS GMIM Bethesda Tomohon “Masalah Selesai Tanpa Masalah” 

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO, Tomohon - Untuk memberik kemudahan kepada fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dalam rangka pembayaran tagihan biaya pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan beberapa bank  mitra kerja mengenai Kerja Sama Pembiayaan Tagihan Fasilitas Kesehatan Mitra BPJS Kesehatan (Supply Chain Financing).

Program Pembiayaan Tagihan Faskes mitra BPJS Kesehatan (Supply Chain Financing) merupakan program pembiayaan oleh Bank yang khusus diberikan kepada Faskes mitra BPJS Kesehatan untuk membantu percepatan penerimaan pembayaran klaim pelayanan kesehatan melalui pengambil alihan invoice sebelum jatuh tempo pembayaran.

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kota Tomohon, Ikya Ulumudin menyatakan dalam kondisi keuangan BPJS Kesehatan saat ini, maka salah satu hal yang menjadi efek sampingnya adalah terjadi keterlambatan pembayaran klaim kepada sejumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut,  BPJS Kesehatan berupaya dengan menggandeng berbagai mitra perbankan dengan mengembangkan produk dan fitur perbankan sebagai bagian dari pelayanan publik.

Produk dan fitur perbankan ini terus berkembang pesat, termasuk program bernama supply chain financing (SCF) yang bisa dimanfaatkan fasilitas kesehatan (faskes) untuk pembiayaan pelayanan kesehatan.

Untuk membantu percepatan penerimaan pembayaran klaim pelayanan kesehatan melalui pengambilalihan invoice sebelum jatuh tempo pembayaran klaim. Sehingga tanpa harus menunggu dana klaim akan terbayarkan dan operasionalisasi RS tetap dapat berjalan.

“Kenyataannya bahwa kehadiran JKN-KIS, fasilitas kesehatan, khususnya rumah sakit jadi hidup dan mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Namun tantangan dalam pengelolaan memang tidak bisa kami hindari, namun sangat diharapkan dan dipastikan di tengah tantangan-tantangan tersebut, pelayanan kesehatan tetap berjalan seperti biasa tanpa adanya penurunan kualitas layanan. Kami ucapkan terima kasih atas pelayanan yang telah diberikan rumah sakit kepada seluruh peserta JKN-KIS yang berobat. Dan kami selalu siap mendukung serta  menjalin komunikasi yang intensif antara BPJS Kesehatan dan rumah sakit. Kami terus menyiapkan diri dan membantu merencanakan strategi agar pelayanan kesehatan bagi masyarakat terus berjalan di tengah berbagai tantangan pengelolaan JKN-KIS yang dihadapi, sehingga manfaat program SCF ini dapat terus dirasakan oleh pihak rumah sakit untuk menunjang pelayanan kesehatan yang lebih baik.” Jelas Ikya.

Selaras dengan Kepala Kantor Kota Tomohon, Direktur Keuangan RS Bethesda GMIM Tomoho, dr. Maryo menyatakan bahwa untuk menjaga likuiditas dan operasionalisasi rumah sakit berjalan lancar, sejumlah perbankan baik nasional maupun swasta siap memberikan manfaat pembiayaan tagihan pelayanan kesehatan melalui SCF (Supply chain financing).

“Program SCF merupakan angin segar yang diberikan pemerintah melalui BPJS Kesehatan agar pihak fasilitas kesehatan dapat menyelesaikan masalah tanpa masalah. Hal ini yang ditempuh oleh RS Bethesda GMIM Tomohon dan telah kami jalankan sejak pertengahan tahun 2018 hingga saat ini. “ tutup dr. Maryo. (ik/ap). 

Editor: Enjelita Sandra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved