Job Fair Menjadi Media Perluasan Kanal Pendaftaran JKN-KIS

Kerjasama yang telah terjalin baik antara BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tondano dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja Kota Tomohon

Job Fair Menjadi Media Perluasan Kanal Pendaftaran JKN-KIS
istimewa
Job Fair Menjadi Media Perluasan Kanal Pendaftaran JKN-KIS 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Tomohon - Kerjasama yang telah terjalin baik antara BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tondano dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja Kota Tomohon selama ini menjadi fokus utama kedua belah pihak untuk terus menjalin kemitraan. 

Oleh karenanya sebagai wujud nyata BPJS Kesehatan dan Dinas Tenaga Kerja Kota Tomohon melakukan berbagai kolaborasi kegiatan untuk pencapaian tujuan bersama yaitu mensukseskan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS).

Salah satu dari kolaborasi tersebut adalah upaya rekrutmen peserta khususnya segmen pekerja penerima upah (PPU) yang berasal dari badan usaha  yang dijaring melalui Job Fair yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga kerja Kota Tomohon.

“Pada kegiatan tersebut kami bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Kota Tomohon untuk mewajibkan semua calon pekerja yang sedang mencari pekerjaan bahwa kewajiban menjadi peserta JKN-KIS merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi bagi semua calon pekerja untuk semua jenis pekerjaan.” Ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tomohon, Jeane Bolang saat ditemui.

Jeane menambahkan bahwa upaya tersebut sejalan dengan amanat Undang-undang .

 “Sesuai ketentuan pemberi kerja selain penyelenggara negara,pemberi kerja, pekerja dan penerima bantuan iuran apabila tidak mengikuti ketentuan perundang-undangan untuk mendaftarkan diri dan atau pekerjanya menjadi Peserta BPJS Kesehatan, akan dikenakan sanksi administrasi hal ini tertuang pada Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2013.” Tambah jeane.

Dirinya juga menyampaikan bahwa kerjasama yang saat ini sudah terjalin harus lebih ditingkatkan dalam bentuk inovasi-inovasi untuk menertibkan semua jenis usaha yang beroperasi di Kota Tomohon untuk mendaftarkan karyawan dan keluarganya menjadi peserta JKN-KIS, karena dengan begitu hak dan kewajiban pekerja dan pemberi kerja dapat dipenuhi. 

Selain itu Kepala Kantor Kota Tomohon, Ikya Ulumudin menyatakan harapannya agar kegiatan Job fair seperti ini dapat berjalan secara rutin dan berkala sehingga  tentunya dapat  menjadi sarana memberikan pemahaman bagi para pemberi kerja bahwa kewajibannya adalah mendaftarkan karyawan dan keluarganya.

Apabila karyawan telah terlindungi jaminan kesehatannya tentunya akan memberikan produktifitas yang baik pada usahanya sehingga dapat memberikan keuntungan yang besar bagi badan usaha itu sendiri.

Dirinya juga mengajak masyarakat untuk bergotong royong dalam program JKN-KIS dan tak lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat. (ik/ap).

Editor: Enjelita Sandra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved