Begini Elektabilitas Elly dan Olly Jelang Pemilihan Gubernur

Satu persatu ‘joker’ Partai Nasdem mulai ‘turun gunung’. Menyusul Ketua DPD I Golkar Sulut Christiany Eugenia Paruntu

Begini Elektabilitas Elly dan Olly Jelang Pemilihan Gubernur
ISTIMEWA
Elly Lasut bersama pendukungnya 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Satu persatu ‘joker’ Partai Nasdem mulai ‘turun gunung’. Menyusul Ketua DPD I Golkar Sulut Christiany Eugenia Paruntu dan Ketua DPW PAN Sulut Sehan Landjar, kini Elly Lasut bersiap masuk gelanggang Pilgub 2020.

Sumber Tribun Manado membeberkan, Bupati Talaud terpilih ini kemungkinan mendaftar sebagai calon gubernur di Nasdem, Sabtu (7/12/2019). "Pak Elly akan mendaftar Sabtu ini," kata dia, Rabu kemarin.

Elite PKS Bilang Ada Potensi Nepotisme, Moeldoko: Keluarga Presiden Punya Hak Politik

Rumor majunya Elly sudah menggema sebelumnya. Informasi yang dihimpun, elektabilitas (tingkat keterpilihan) Elly cukup tinggi. Dalam sebuah survei yang dilakukan, Elly menempati rangking 2 di bawah petahana Olly Dondokambey dalam survei pilgub. Karena itu pula, Elly hendak diusung Nasdem. Jika koalisi dengan

Golkar, ia bisa berpasangan dengan Tetty Paruntu. Jika Nasdem hendak mengusung calon sendiri, bisa Elly berpasangan dengan Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara. Bisa pula Elly dengan Wali Kota Manado Vicky Lumentut. Elly adalah figur populis.

Ia memiliki banyak pendukung fanatik. Dikenal ‘ringan tangan’ (suka menolong). Elly disegani kalangan dari berbagai latar belakang. Ia misalnya pernah memberi beasiswa pada ratusan anak kaum miskin.

Mereka yang dibantunya sulit beralih ke lain hati. Dari segi keterwakilan etnis, ia mewakili etnis Minahasa juga disegani di Nusa Utara (Sangihe, Talaud dan Sitaro). Di Bolaang Mongondow Raya (BMR), nama Elly mulai disebut-sebut.

"Beliau tokoh yang paripurna, cerdas, merakyat dan image terzalimi akan membuatnya mendapat simpati rakyat," kata Jum, seorang kader Nasdem. Ia berharap Elly dapat maju bersama tokoh BMR.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Sulawesi Utara yang direncanakan menjadi tuan rumah KTT Ekonomi G-20 pada 2023
Gubernur Sulut Olly Dondokambey memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Sulawesi Utara yang direncanakan menjadi tuan rumah KTT Ekonomi G-20 pada 2023 (Facebook Gubernur Olly Dondokambey)

Sekretaris DPW Partai Nasdem Viktor Mailangkay mengaku belum tahu pasti kapan para "joker" Nasdem akan mendaftar. Diketahui Joker adalah istilah yang dipopulerkan Ketua DPW Partai Nasdem Sulut Max Lomban untuk menggambarkan kepala daerah di Nasdem.

"Kami belum tahu pasti kapan waktunya. Kan semua dari mereka," kata dia kepada Tribun Manado via WA, Rabu malam. Mengenai Elly yang dikabarkan akan mendaftar pada hari Sabtu ini, sebut dia, bisa saja demikian. "Bisa saja seperti itu, tapi kami belum tahu pasti," katanya.

Nasdem Tunggu Para Joker, Elly Daftar Sabtu, Vicky dan Vonny Senin

Untuk 'joker' lainnya, Vicky Lumentut dan Vonnie Anneke Panambunan, beber dia, ia mendengar, keduanya akan mendaftar pada tanggal 9 Desember. Menurutnya, pendaftaran di Nasdem akan ditutup pada 10 Desember. "Tapi kembali lagi semuanya tergantung dari calon masing masing," kata dia.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved