Tunggak Pajak Kendaraan Dapat Stiker Merah, Petugas akan Datangi Rumah

Kalau stiker dilepas padahal belum membayar pajak ada sanksinya berupa pidana perusakan segel

Tunggak Pajak Kendaraan Dapat Stiker Merah, Petugas akan Datangi Rumah
THINKSTOCKS/Wavebreakmedia Ltd
Ilustrasi pajak 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kendaraan mewah yang menunggak pajak akan ditempel stiker warna merah. Petugas juga akan mendatangi rumah-rumah penunggak pajak.

Menurut Koordinator Supervisi Pencegahan Wilayah III Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Friesmount Wongso, stiker itu akan dilepas jika pemilik kendaraan bermotor telah membayar pajak.

Jika hingga tenggat waktu yang ditentukan, pemilik kendaraan bermotor tak membayar pajak, Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI bisa menyita kendaraan itu.

Menurut Friestmount, KPK RI akan mendampingi BPRD DKI Jakarta melakukan kegiatan mendatangi rumah para penunggak pajak.

"Bilamana mereka tidak melakukan pembayaran juga, kami akan melakukan penindakan dengan menempel stiker bahwa kendaraan tersebut belum bayar pajak," kata Friestmount di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (4/12/2019). Apabila penunggak pajak melepas stiker tanpa izin BPRD DKI Jakarta, penunggak bisa dikenakan pasal tindak pidana.

"Kalau stiker dilepas padahal belum membayar pajak ada sanksinya berupa pidana perusakan segel," ungkap Friestmount.

BPRD DKI Jakarta menargetkan penerimaan pajak kendaraan tahun 2019 sebesar Rp 8,8 triliun. Sebanyak 1.100 mobil mewah masih menunggak pajak hingga awal Desember ini.

Total pajak yang belum diterima BPRD DKI Jakarta hingga Desember 2019 senilai Rp 37 miliar. Kepala BPRD DKI Jakarta, Faisal Syafruddin mengatakan, penunggak pajak paling banyak berada di wilayah Jakarta Utara.

"Mobil mewah dari 1.500 kemarin (jumlah kendaraan yang menunggak pajak hingga November 2019), sudah tinggal 1.100 kendaraan. Kurang lebih Rp 11 miliar sudah masuk, kami kejar Rp 37 miliar lagi," kata Faisal. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kendaraan dengan Pajak Tertunggak Akan Ditempel Stiker Merah", https://megapolitan.kompas.com/read/2019/12/04/18344001/kendaraan-dengan-pajak-tertunggak-akan-ditempel-stiker-merah

Editor: Charles Komaling
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved