News

Program Bupati Terapkan Seragam Bebas Rapih Jadi Tranding Topik Medsos

Nyatanya bertujuan agar murid SD dan SMP di Mitra bisa lebih leluasa dengan adanya hari dimana mereka bisa mengenakan seragam bebas rapih.

Program Bupati Terapkan Seragam Bebas Rapih Jadi Tranding Topik Medsos
ryo noor/tribun manado
Bupati Mitra James Sumendap 

James Sumendap: Hanya Orang Kurang Wawasan yang Tidak Setuju

TRIBUNMANADO.CO.ID - Program seragam bebas rapih yang mulai diberlakukan Selasa (03/12) kemarin kepada anak murid SD dan SMP yang ada di Minahasa Tenggara (Mitra), hingga kini menjadi tranding topik.

Pasalnya di media sosial (medsos) Facebook, beberapa orang menganggap program baru itu, perlu ada pengkajian kembali karena ada hal yang dinilai belum tepat.

Terus menuai Pro dan kontra terhadap kebijakan Bupati Mitra James Sumendap (JS) itu.

Nyatanya bertujuan agar murid SD dan SMP di Mitra bisa lebih leluasa dengan adanya hari dimana mereka bisa mengenakan seragam bebas rapih.

Dengan adanya sentuhan gaya seragam seperti ini bisa diberi kesan santai, namun tetap terlihat bijaksana sebagai siswa.

Bupati JS mengatakan, kebijakan tersebut dibuatnya setelah menyimpulkan maksud dari Menteri Pendidikan RI Nadiem Makarim yang menginginkan gebrakan dalam tatanan pendidikan di Indonesia di 'zaman now' ini.

Menurutnya dengan pakaian bebas rapih di sekolah anak bisa belajar percaya diri dan suasana belajar jadi lebih santai sehingga ilmu yang diberikan guru terserap lebih baik ditambah pola pembelajaran diluar ruangan kelas.

Menanggapi beberapa orang yang mulai mengkritik trobosan dalam dunia pendidikan di Mitra ini, Bupati mengatakan, Ini bukan zaman feodalisme, karena ini bukan masa penjajahan yang terikat dan kaku.

"Begitu saya baca pidato dari Menteri (Pendidikan), saya langsung tangkap kalau yang dia mau adalah kemerdekaan pendidikan. Makanya saya langsung 'gas', umumkan. Saya sudah lihat sendiri di negara-negara maju di Eropa, tidak ada lagi seragam di sekolah. Kalau mau maju harus terbuka wawasannya," ujar Bupati JS saat ditemui di Rimba Lamet, Selasa (04/12).

Halaman
123
Penulis: Giolano Setiay
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved