Salat Wajib

Penjelasan Tentang Waktu-waktu Salat Wajib Beserta Dalilnya

Salat fardhu adalah salat yang wajib dilaksanakan oleh seluruh umat muslim, baik sendiri-sendiri atau secara berjamaah.

Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Salat fardhu adalah salat yang wajib dilaksanakan oleh seluruh umat muslim, baik sendiri-sendiri atau secara berjamaah.

Di Indonesia, salat fardhu kita sebut dengan salat lima waktu. Disebut begitu karena salat ini memang ada 5 dan dikerjakan pada 5 waktu tertentu. 

Masing-masing salat Subuh yang dikerjakan di saat pagi dini hari, salat Zuhur pada siang hari, Asar pada sore hari, Magrib di antara sore dan malam hari dan Isya pada malam hari.

Lebih lengkapnya simak penjelasan di bawah ini, tulisan dari Muhammad Ibnu Sahroji yang terbit di laman NU Online dengan judul Ketentuan Waktu Shalat Fardhu

Berikut penjelasan soal ketentuan waktu dari salat lima waktu tersebut:

Imam Jalaluddin al-Mahalli dalam Jam’ul Jawami’ (Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 2005), juz I, hal. 150, menyebutkan definisi waktu dalam ibadah sebagai berikut:

وَالْوَقْتُ...الزَّمَانُ الْمُقَدَّرُ لَهُ شَرْعًا مُطْلَقًا

“Waktu ... ialah masa yang telah ditentukan untuk pelaksanaan ibadah menurut syariah secara mutlak.”

Ada kalanya waktu tersebut bersifat leluasa (muwassa’) seperti haji, artinya meski kita sudah mampu namun tidak mesti tahun ini kita harus berangkat, ada juga yang waktunya sempit (mudlayyaq) seperti pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan.

Sedangkan ibadah shalat memiliki dua sudut pandang waktu, yakni leluasa hingga masa yang hanya cukup untuk menyelesaikan shalat tersebut. Dalam masa ini waktu shalat menjadi sempit.

Halaman
123
Editor: Rizali Posumah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved