Mendagri Segera Lantik Elly-Moktar: Ini Aturan Mainnya Kata Pakar Hukum Tata Negara

Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Talaud terpilih Elly Engelbert Lasut dan Moktar Parapaga segera dilantik.

Mendagri Segera Lantik Elly-Moktar: Ini Aturan Mainnya Kata Pakar Hukum Tata Negara
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian 


TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Talaud terpilih Elly Engelbert Lasut dan Moktar Parapaga segera dilantik. Daerah paling utara di Indonesia tak lama lagi memiliki pemerintahan definitif. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan melantik pasangan pemenang Pilkada Talaud 2018 ini seandainya Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey berhalangan.

Wabup Talaud terpilih Moktar Parapaga mengakui soal informasi Mendagri Tito akan mengambil alih pelantikan. "Memang benar adanya informasi itu (dari Hillary Lasut soal pelantikan langsung oleh Mendagri seandainya gubernur berhalangan)," kata politisi Partai Nasdem saat dihubungi tribunmanado.co.id, tadi malam. Moktar tak banyak memberikan penjelasan soal pelantikan pemerintahan definitif Talaud.

Erick Batalkan Rencana Super Holding, dari 142 BUMN, hanya 15 yang Untung, 7 Merugi

Informasi pelantikan Elly-Moktar disampaikan Anggota Komisi III DPR RI, Hillary Brigitta Lasut. “Saat berbincang dengan (Kepala Staf Kepresidenan) Pak Moeldoko, Pak Moeldoko sudah menyampaikan ke Pak Tito (Mendagri) dan Pak Tito menyatakan sudah harus dilantik. Apabila gubernur berhalangan, Mendagri akan melantik langsung Elly Lasut dan Moktar Parapaga,” kata legislator termuda Senayan ini di Manado, Sabtu akhir pekan lalu seperti dikutip dari.

Hillary mengatakan, telah berkoordinasi dengan Gubernur Olly terkait proses pelantikan. Saat bertemu di Hotel Mulia Jakarta, kata Hillary, Gubernur Olly menyatakan akan dilantik. “Katanya akan dilantik kok, akan dilantik. Nanti saya kabarin kamu. Nda lama lagi, tinggal satu surat lagi keluar,” ujar politisi Partai Nasdem ini. Kata dia, satu surat yang dimaksud Gubernur Olly, sudah keluar.

“Surat yang dimaksud Pak Olly sudah keluar barusan. Yakni surat di Mahkamah Agung (MA) soal fatwa terbaru. Soal penyerahan ke Mendagri dan Mendagri sudah menyurat sampai tiga kali bahwa Elly Lasut harus dilantik. Ini menurut saya menjadi pegangan hukum yang kuat bagi Pak Olly yang kemarin berpikir ada polemik dan dinamika hukum dan sekarang sudah diperkuat sehingga Pak Moeldoko sebagai KSP atas nama presiden, berbicara bahwa sudah tidak ada lagi masalah hukum sehingga Elly Lasut harus dilantik dan Pak Olly akan melaksanakan itu,” ungkapnya.

Diketahui, pasangan Elly-Moktar menang dalam kontestasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Talaud pada pilkada serentak tahun lalu. Elly dan Moktar kemudian ditetapkan sebagai Bupati dan Wabup Talaud terpilih pada Agustus 2018. Namun sejak ditetapkan, keduanya tak kunjung dilantik hingga saat ini.

Sehan ‘Curhat’ Ingin Dampingi Tetty: Begini Kata Analis Politik

Pemprov Sulut belum mengagendakan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Talaud terpilih, Elly dan Moktar. Kepala Biro Pemerintahan Sulut, Jemmy Kumendong mengatakan, belum ada arahan untuk pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Talaud terpilih. "Dari Pemprov belum ada arahan," kata Jemmy, tadi malam.

Pelantikan pasangan ini sudah tertunda sekitar 4 bulan lebih dari jadwal seharusnya. Pangkal soalnya terkait tafsir Elly Lasut sudah menjabat satu atau dua periode.

Pelantikan Elly sudah tertunda 4 bulan 12 hari. Elly-Moktar seharusnya dilantik pada 21 Juli 2019. Belakangan muncul perdebatan menyangkut periodisasi Elly menjabat bupati.

Di satu pihak, ada tafsir E2L baru menjalani satu periode sebagai Bupati Talaud. Tafsir yang lain ia sudah terhitung dua periode. Penundaan pelantikan E2L ini berujung aksi demo pendukungnya di Kantor Gubernur, Senin (22/7/2019).

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved