Berita Manado

84 Orang Penyalahgunaan Narkoba Direhabilitasi BNN Kota Ini

Rehabilitasi merupakan salah satu poin penting dalam menekan angka prevalensi penyalah guna narkotika.

84 Orang Penyalahgunaan Narkoba Direhabilitasi BNN Kota Ini
ISTIMEWA
84 Orang Penyalahgunaan Narkoba Direhabilitasi BNN Kota Ini 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Rehabilitasi merupakan salah satu poin penting dalam menekan angka prevalensi penyalah guna narkotika.

Selain dapat memulihkan penyalah guna, dengan rangkaian program rehabilitasi, dapat mencegah penyalah guna terperosok lebih dalam pada candu narkotika, serta mencegah agar mereka tidak kambuh kembali (relapse).

Hal tersebut dijelaskan Kepala BNN Kota Manado Diane Kawatu, kepada wartawan tribunmanado.co.id, Jumat (29/11/2019) tadi.

“Untuk mengoptimalkan layanan rehabilitasi, BNN Kota Manado melakukan beberapa kegiatan, yaitu Program Skrining Intervensi lapangan (SIL) sebanyak 8 kali, dalam bulan November terhadap, 6 orang klien yang terindikasi sebagai penyalah guna narkoba, yang kemudian akan ditentukan untuk bisa dirujuk ke program rawat jalan klinik pratama atau tidak," jelas Kawatu.

Lanjutnya, di klinik pratama, sudah menerima klien sampai dengan bulan November sebanyak 84 klien dan melanjutkan ke tahap rehabilitasi rawat jalan.

"Melalui rehabiltasi massif ini, diharapkan mantan penyalah guna narkoba dapat kembali hidup di tengah-tengah masyarakat secara normatif, produktif dan dapat berfungsi secara sosial," katanya.

Dijelaskannya juga, BNN Kota Manado, bekerjasama dibidang rehabilitasi dengan komponen masyarakat, yang melakukan program rehabilitasi pecandu narkoba, seperti Yayasan Batamang Plus, RBM Sahabat Sejati dan Yayasan Bunga Bakung.

"Dalam melaksanakan P4GN, BNN Kota Manado terus meningkatkan sinergitas dengan pemerintah daerah, serta instansi terkait lainnya, seperti Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bagian Hukum dan Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan lewat koordinasi, rapat rapat serta kerja sama," ucapnya.

(Tribunmanado.co.id/Jufry Mantak)

BERITA TERPOPULER :

 Tim Hukum FPI Terjebak, Bilang Presiden Jokowi Ilegal tapi Ngurus Izin, Habis Sejak 20 Juni 2019

 Jilat Ludah Sendiri? Ketua FPI Sebut Jokowi Ilegal tapi Minta Izin ke Pemerintah,Debat Panas Terjadi

 Bangun Pagi Itu Sehat, Tapi Jangan Lakukan Ini, Bisa Berbahaya Bagi Tubuh, Minum?

TONTON JUGA :

Penulis: Jufry Mantak
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved