News

10 Desa di Kecamatan Ratahan Timur, Adu Kepiawaian Seni Tari Maengket

Rondonuwu mengatakan, kegiatan ini dinilai sangat penting untuk menggali kembali budaya yang ada di Minahasa Tenggara khususnya wilayah Ratahan Timur.

10 Desa di Kecamatan Ratahan Timur, Adu Kepiawaian Seni Tari Maengket
gio/tribun manado
Penampilan Maengket Desa Wioi Timur Nazaret 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kecamatan Ratahan Timur (Ratim) gelar lomba Maengket Tingkat Desa yang diikuti 10 Desa yang ada di Kecamatan Ratahan Timur, Minahasa Tenggara (Mitra). Lomba tersebut digelar di Aula kantor Hukum Tua Desa Pangu Induk hari ini (29/11).

Kegiatan tersebut dibuka langsung Wakil Penggerak PKK Minahasa Tenggara (Mitra) Erny Rondonuwu ditemani Ketua PKK Kecamatan Ratahan Timur Dolfini Mawu mewakili Ketua Penggerak PKK Mitra Djein L Rende.

Dalam sambutannya Rondonuwu mengatakan, kegiatan ini dinilai sangat penting untuk menggali kembali budaya yang ada di Minahasa Tenggara khususnya wilayah Ratahan Timur.

"Kegiatan ini, banyak edukasinya. Karena ini selain lomba saja, bisa mengangkat kembali seni budaya tarian maengket yang menggunakan bahasa Pasan yang adalah sub etnis di Minahasa Tenggara," tandas Wakil Penggerak PKK yang juga istri Wakil Bupati (Wabup) Mitra Jesaja J O Legi.

Diketahui, dalam lomba kali ini. Peserta yang ikut, ada yang dari Provinsi luar yakni Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Ini yang bisa dicerminkan. Budaya sendiri saja bisa diminati oleh orang dari luar daerah. Untuk itu, pihak kami berharap adanya peran serta masyarakat agar bisa terus melestarikan budaya yang ada di Mitra," tambah Rondonuwu

Sementara itu, Camat Ratahan menambahkan, diharapkan kegiatan ini bisa menjadi percontohan kepada generasi muda yang menonton agar bisa mengundang daya tarik untuk belajar kembali budaya yang ada di daerah ini.

"Itu yang menjadi tujuan dilaksanakan kegiatan ini. Diharapkan bisa menjadi magnet bagi generasi penerus. Untuk menjaga budaya dan melestarikan tarian daerah beserta bahasa Pasan yang mulai hilang di generasi saat ini," jelas Deky Siwi. (Ano)

BERITA TERPOPULER :

 Tim Hukum FPI Terjebak, Bilang Presiden Jokowi Ilegal tapi Ngurus Izin, Habis Sejak 20 Juni 2019

 Jilat Ludah Sendiri? Ketua FPI Sebut Jokowi Ilegal tapi Minta Izin ke Pemerintah,Debat Panas Terjadi

TONTON JUGA :

Penulis: Giolano Setiay
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved