Berita Mitra

Sekretariat Dewan Kabupaten Ini Tuai Kritikan, Bupati Bakal Mengevaluasi

Rapat Paripurna Penetapan APBD 2020 yang digelar pada Selasa (26/11/2019) malam hingga berakhir subuh Rabu (27/11/2019) subuh, menyisakan polemik.

Sekretariat Dewan Kabupaten Ini Tuai Kritikan, Bupati Bakal Mengevaluasi
TRIBUN MANADO/GIOLANO SETIAY
Sekretariat Dewan Kabupaten Ini Tuai Kritikan, Bupati Bakal Mengevaluasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Rapat Paripurna Penetapan APBD 2020 yang digelar pada Selasa (26/11/2019) malam hingga berakhir subuh Rabu (27/11/2019) subuh, menyisakan polemik.

Pasalnya kesempatan tersebut, diambil fraksi yang ada selain untuk mengesahkan rancangan APBD juga mengkritik kinerja sekretariat Dewan yang perlu ada evaluasi kembali dari pihak eksekutif.

Dalam pembahasan tersebut 4 Fraksi yang ada yakni Gerakan Keadilan Indonesia, fraksi Demokrat pembangunan, fraksi Golkar dan fraksi PDIP sepakat memberikan usulan kepada Bupati agar kinerja sekretariat Dewan dievaluasi kembali karena dinilai tidak mampu menjalankan tupoksi secara maksimal.

Menanggapi usulan keempat fraksi yang ada, pihak eksekutif yakni Bupati James Sumendap, secara terang-terangan mengatakan, bakal memanggil Sekretaris Dewan (Sekwan) untuk segera dievaluasi.

"Menyikapi keputusan dari usulan yang diambil oleh keempat fraksi yang ada, saya akan memanggil Sekwan untuk segera dievaluasi," tandas Sumendap dalam Paripurna APBD 2020.

Seperti yang diketahui dalam aturan yang ada, Sekwan dan juga kepala SKPD baru saja diangkat.

"Berdasarkan aturan yang ada. Para pejabat yang baru dilantik, minimal 6 bulan baru bisa diadakan pergantian," ujar Eksekutif.

Akan tetapi pihaknya bakal mengambil sikap terkait usulan daripada fraksi untuk dilakukan evaluasi terkait kinerja sekretariat dewan.

"Akan tetapi menanggapi hal tersebut, tetap akan dievaluasi untuk memenuhi usulan dari keempat fraksi ini," tukasnya.

Sementara itu, menanggapi perihal tersebut selaku yang berkewenangan di sekretariat dewan yakni Sekretaris Dewan (Sekwan) Piether Owu mengatakan, itu memang adalah hak setiap anggota untuk memberikan usul kepada eksekutif.

Halaman
12
Penulis: Giolano Setiay
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved