Terserang Influenza Saat Traveling Rentan Terjadi, Ini Cara Mengantisipasinya

Risiko penyebaran virus influenza selama liburan juga bergantung pada waktu keberangkatan dan daerah tujuan

Terserang Influenza Saat Traveling Rentan Terjadi, Ini Cara Mengantisipasinya
google
cara hindari flu saat musim hujan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Influenza saat traveling sangat rentan terjadi, apalagi jika bersama orang yang juga mengalami influenza.

Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF), Prof dr Cissy B Kartasasmita SpA(K) PhD, mengatakan bahwa risiko penyebaran virus influenza terjadi saat seseroang mulai melakukan perjalanan, baik melalui transportasi udara (pesawat), laut (kapal laut), atau darat (bus atau kereta api) sekalipun.

"Apalagi misalnya Anda merencanakan perjalanan waktu liburan tiba, pada waktu itu sejumlah bandara, stasiun, dan terminal pasti dipadati oleh banyak orang. Dan bisa jadi salah satu atau beberapa di antara mereka terkena influenza. Itu mudah sekali tertular karena bisa lewat udara juga," kata Cissy dalam acara Bebas Influenza Saat Travelling di Jakarta, Senin (25/11/2019).

Risiko penyebaran virus influenza selama liburan juga bergantung pada waktu keberangkatan dan daerah tujuan.

Di belahan utara bumi, peningkatan risiko terjadi sekitar Oktober hingga April atau Mei, dan di belahan bumi selatan, sekitar April hingga September.

Sementara di beberapa negara tropis, seperti Indonesia, penyebaran flu bisa terjadi sepanjang tahun.

Untuk mengantisipasinya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan vaksinasi influenza tahunan sebagai cara paling efektif untuk mencegah influenza.

"Influenza adalah penyakit menular yang paling umum diderita para pelancong mancanegara dan bisa dicegah dengan vaksin. Vaksinasi influenza merupakan cara yang efektif untuk mencegah infeksi virus influenza," kata Cissy.

Lakukan vaksinasi influenza setidaknya dua minggu sebelum melakukan perjalanan sebab vaksin influenza membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu untuk membentuk antibodi.

Vaksin influenza bekerja untuk membantu kekebalan tubuh, namun hanya akan bertahan setidaknya satu tahu setelah pemberian vaksinasi influenza tersebut dilakukan.

Halaman
12
Editor: Finneke Wolajan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved