News

Tenaga Harian Lepas di Bitung Sebut Upah yang Diterima Masih Kurang

Sejumlah THL yang dimintai keterangannya mengaku, jumlah tersebut masih kurang untuk membuat dapur terus mengepul dan biaya studi anak-anak.

TRIBUNMANADO/ALPEN MARTINUS
Guru tenaga harian lepas (THL) sekolah negeri tampak senang lantaran bisa menerima surat keputusan Wali Kota Bitung, Rabu (2/5/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Upah untuk tenaga harian lepas (THL) atau Honorer di lingkungan pemerintah Kota Bitung, memiliki perbedaan disejumlah organisasi perangkat daerah (OPD).

Menurut Frangky Ladi untuk upah minumum yang diberikan per bulan Rp 2 juta, terkecuali OPD Satpol PP Damkar dan Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kota Bitung senilai Rp 2.5 juta.

"Jumlah ini tidak mengacu pada UMP, melainkan pada kemampuan keuangan daerah. Untuk pemberian tahun depan 2020 kita menunggu keputusan pimpinan (wali kota) seperti apa," jelas Ladi kepada Tribunmanado.co.id.

Sejumlah THL yang dimintai keterangannya mengaku, jumlah tersebut masih kurang untuk membuat dapur terus mengepul dan biaya studi anak-anak.

"Apalagi tahun depan informas BPJS mau naik, jadi makin tinggi potongannya," jelas seorang THL yang minta identitasnya di rahasiakan.

Akibatnya, untuk memenuhi kebutuhan keluarga dirinya harus patungan dengan upah sang istri, karena jika hanya mengandalkan upah sebagai THL tidak akan cukup.

Terkait dengan pemberian tunjungan hari raya atau THR, oleh kepala perangkat daerah (KPD) di tempatnya bekerja sering di kasih.

"Namun bentuknya minuman ringan senilai Rp 200 ribu," tambahnya.

Berbeda dengan THL lainnya di sebuah Dinas di lingkungan pemkot Bitung ‎mengaku upah yang wajib mereka terima setiap bulan, sering molor tiga bulan baru diterima sekaligus.

"Untuk THR di kantor saya saat ini sudah tidak dapat. Waktu masih di sebuah bagian di sekretariat Daerah pemkot Bitung masih dapat THR berupa uang tunai dan minuman," jelas THL perempuan cantik ini.

Jumlah tersebut bagi dia yang masih lanjang, sudah lebih dari cukup.

Namun jika ada penambahan, dia sangat bersyukur bisa banyak menabung dari upah bekerja setiap bulannya.

Keberadaan upah untuk THL mendapat sorotan dari Hasan Suga Ketua fraksi Amanah Raya (Air) DPRD Kota Bitung.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved