Pengelolaan Situs Waruga yang Terintegrasi di Sulawesi Utara

Kepala Balai Arkeologi Sulawesi Utara Wuri Handoko melalui Koordinator Peneliti Ipak Fahriani

Pengelolaan Situs Waruga yang Terintegrasi di Sulawesi Utara
ISTIMEWA
Balai Arkeologi Sulawesi Utara 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kepala Balai Arkeologi Sulawesi Utara Wuri Handoko melalui Koordinator Peneliti Ipak Fahriani mengatakan salah satu potensi data arkeologi yang penting yang bisa dikembangkan dalam kerangka pengembangan sumberdaya arkeologi sebagai modal pembangunan berkelanjutan adalah sebaran situs-situs waruga.

Sejauh ini situs-situs waruga belum dikelola secara masif dan terintegrasi, sehingga terkesan hanyalah warisan budaya yang tidak memiliki nilai ‘heritage’ yang tinggi.

Sampai saat ini, mungkin orang hanya melihat bahwa waruga adalah tinggalan atau warisan budaya orang Minahasa.

Waruga,merupakan media kubur para leluhur orang Minahasa yang harus dijaga dan dilestarikan.

Itu saja, setidaknya itu gambaran umum yang bisa kita peroleh dengan segera dan hanya dalam lintasan benak saja, setelah itu hilang begitu saja. 

Oleh karena pentingnya keberadaan Waruga sebagai simbolisasi kebudayaan orang Minahasa dan di dalamnya melekat soal jati diri budayanya, sehingga Waruga menjadi simbol budaya yang harus dipertahankan.

Hubungan masyarakat sekarang dengan jati diri masa lalunya juga sangat melekat pada Waruga.

Oleh karena itu keberadaan waruga harus dilestarikan secara berkelanjutan. Namun, pada sisi lain, keberadaan Waruga seolah-olah tidak begitu menjadi perhatian. Kasus pengrusakan masih terus saja terjadi.

Dalam banyak kasus yang terjadi, seperti yang baru -baru ini terjadi, relokasi (penggusuran) obyek-obyek waruga karena lokasinya akan dibangun waduk, jalan tol dan sebagainya sehingga obyek-obyek waruga yang terkena penggusuran waduk harus dipindahkan.

Proses pemindahan yang ‘serampangan’ menyebabkan kerusakan obyek waruga.

Halaman
1234
Editor: Aldi Ponge
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved