News

Max Rembang: Peta Kekuatan Calon Gubernur Sulut Pilkada Mendatang, Petahana Punya Modal Politik

"Jadi tetap apapun mau dikata incumbent (petahana) mempunyai modal secara politik yaitu mesin politiknya jalan seperti parpol," jelas Max Rembang.

Max Rembang: Peta Kekuatan Calon Gubernur Sulut Pilkada Mendatang, Petahana Punya Modal Politik
istimewa
Max Rembang. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Max Rembang Pengamat Politik memberikan tanggapan peta kekuatan calon gubernur Olly Dondokambey, Tetty Paruntu dan Vicky Lumentut.

Hal ini disampaikan Pengamat dari Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) itu saat dihubungi tribunmanado.co.id melalui sambungan telepon.

"Jadi tetap apapun mau dikata incumbent (petahana) mempunyai modal secara politik yaitu mesin politiknya jalan seperti parpol," jelas Max Rembang, Rabu (27/11/2019).

Ia menambahkan, secara diam-diam ada kekuatan lainnya seperti birokrasi di kepolitikan.

"Incumbent posisi lebih di atas namun di dunia politik kan unpredictable atau sulit diprediksi bisa saja terjadi perubahan," kata Max.

Karena dalam banyak kasus termasuk di Sulawesi Utara (Sulut) incumbent bisa saja kalah.

"Sama-sama punya peluang, Tetty juga tentu punya peluang apalagi dia secara hitung-hitungan kalaupun tidak paralel antara kekuatan di legislatif dan pemilihan kepala daerah tidak pernah paralel," tambahnya.

Sementara Vicky sebagai representasikan masih sulit diprediksi Nasdem itu calonnya siapa.

"Kalau Golkar sudah pasti Tetty dan Nasdem masih bertarung di internalnya serta saya pikir peluang masih milik petahana di atas," tutur Max.

Tetapi bukan tidak mungkin justru lawan bisa memainkan kelemahan-kelemahan petahana selama memimpin tentu ini jadi kekuatan dari lawan.

Halaman
12
Penulis: Dewangga Ardhiananta
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved