Nasional

Kapolri Jenderal Idham Azis Belum Penuhi Janjinya, Hampir Satu Bulan Jabatan Kabareskrim Kosong

Jabatan tertinggi di Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri masih kosong. Sudah 25 hari sejak ditinggalkan pada 1 November 2019.

Kapolri Jenderal Idham Azis Belum Penuhi Janjinya, Hampir Satu Bulan Jabatan Kabareskrim Kosong
(KOMPAS.com/Devina Halim)
Logo Bareskrim 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Terhitung sudah 25 hari jabatan tertinggi di Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri kosong ditinggalkan Jenderal (Pol) Idham Azis menjadi kapolri. Jabatan Kabareskrim sudah tak dijabat sejak 1 November 2019.

Hingga saat ini belum ada tanda-tanda penunjukan pengganti Idham Azis sebagai Kepala Bareskrim. Padahal, Idham juga telah melakukan sejumlah perubahan di struktur Polri dengan melakukan rotasi jabatan pertamanya.

Idham pun telah memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) sejumlah perwira tinggi (pati) hasil rotasi pertamanya pada Selasa (19/11/2019).

Akan tetapi, tidak ada posisi Kabareskrim dalam rotasi jabatan pertama yang dilakukan Idham.

Nama-nama dalam surat telegram bernomor ST/3020/XI/KEP/2019 tertanggal 8 November 2019 itu di antaranya, Komjen Firli Bahuri, Irjen Nico Afinta, Irjen Fadil Imran, Irjen Refdi Andri, Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo, dan Brigjen (Pol) Argo Yuwono.

Janji Idham

Sebelumnya, Idham Azis telah berjanji akan segera menunjuk Kabareskrim baru usai dirinya dilantik oleh presiden.

Janji itu dilontarkan Idham usai ditetapkan sebagai Kapolri dalam rapat paripurna DPR, Kamis (31/10/2019).

Langkah ini dinilainya perlu dilakukan demi mempercepat pengungkapan kasus penyerangan terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

"Saya akan menunjuk Kabareskrim yang baru untuk segera mempercepat pengungkapan kasus Novel Baswedan," kata Idham di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Halaman
123
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved