Nasional

INI Yang Dilakukan Menteri Agama Fachrul Razi Jika Ada Pondok Pesantren Yang Terindikasi Radikalisme

Menteri Agama Fachrul Razi tidak serta merta dalam melakukan tindakan ketika mengetahui ada pondok pesantren yang terindikasi terindikasi radikalisme

INI Yang Dilakukan Menteri Agama Fachrul Razi Jika Ada Pondok Pesantren Yang Terindikasi Radikalisme
Kompas.com/Rakhmat Nur Hakim
Menteri Agama Fachrul Razi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Setelah menjabat sebagai Menteri Agama, bagaimana Fachrul Razi menyikapi jika adanya sejumlah pondok pesantren yang terindikasi terpapar radikalisme. Pilihannya apakah akan dibubarkan atau tidak.

Sudah diungkapkan Menteri Agama Fachrul Razi bahwa dalam hal penanganan apa saja yang terindikasi terpapar radikalisme akan dilakukan dengan hati-hati. 

Fachrul Razi mengatakan Kementerian Agama akan berhati-hati dalam menangani pondok pesantren yang terindikasi terpapar radikalisme.

Fachrul Razi mengatakan, pihaknya akan berupaya membina pondok pesantren yang terindikasi radikalisme alih-alih membubarkannya.

"Nanti kita amati pelan-pelan, kita enggak serta merta akan membubarkan. Ada indikasi kan kita coba bina dengan baik. Kita selalu mencoba semuanya dengan pendekatan, musyawarah," kata Fachrul di Kantor Kemenag, Jumat (22/11/2019).

Fachrul menuturkan, pihaknya akan terus mengedepankan pendekatan dialogis dalam menyelesailan masalah, termasuk masalah radikalisme di pondok pesantren.

"Kalau nanti sewaktu-waktu memang ga bisa, nanti kita ada langkah-langkah hukum.

Tapi kita hindari lah sedapat mungkin, semua kan saudara kita dan itu yang kita lakukan selama ini," ujar Fachrul.

Sementera itu Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Kamaruddin Amin menyebut ada dua pondok pesantren di Indonesia yang terinsikasi terpapar radikalisme.

Kamaruddin menyatakan, angka tersebut didapat dari penelusuran Kemenang atas temuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Halaman
123
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved