Berita Sulut

Ini Penjelasan Kepala Kanwil Perbendaharaan Sulut soal DIPA Sulut 2020 Rp 24,3 Triliun

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2020 untuk instansi di Sulut, Senin (25/11/2019)

Ini Penjelasan Kepala Kanwil Perbendaharaan Sulut soal DIPA Sulut 2020 Rp 24,3 Triliun
TRIBUN MANADO/RYO NOOR
Gubernur Serahkan DIPA 2020 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Gubernur Sulut, Olly Dondokambey menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2020 untuk instansi di Sulut, Senin (25/11/2019).

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Utara Muhdi menjelaskan, DIPA merupakan dokumen pelaksanaan anggaran yang menjadi dasar pengeluaran negara dan pencairan dana atas beban APBN serta menjadi dokumen pendukung kegiatan akuntansi pemerintah.

Penyusunan DIPA 2020 merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2019 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2020.

Ia mengatakan , APBN Tahun 2020 yang terdiri dari dana DIPA Kementerian/Lembaga, Dana Transfer dan Dana Desa yang dialokasikan untuk Provinsi Sulawesi Utara sebesar Rp 24,3 triliun.

DIPA se-Sulut Tembus Rp 24,3 Triliun, Gubernur Olly Sebut untuk Trigger Pembangunan 2020

Menurut Bapak Muhdi, kekuatan fiskal tersebut diharapkan menjadi stimulus dalam proses pembangunan yang membawa pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara.

Keterlibatan dari kalangan swasta juga sangat penting dalam menciptakan nilai tambah, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong produktivitas dan inovasi.

DIPA yang diserahkan kepada Satuan Kerja (Satker) di Provinsi Sulawesi Utara berjumlah 462 DIPA dengan total dana yang dialokasikan sebesar Rp 9,7 triliun atau turun sebesar 5,7 persen dari tahun sebelumnya.

Mafia Migas Gentar karena Ahok Jabat Komisaris Utama Pertamina, BTP: Saya Bukan Godfather

Rinciannya Belanja Pegawai sebesar Rp 3,15 triliun; Belanja Barang sebesar Rp 3,73 triliun; Belanja Modal sebesar Rp 2,82 triliun; dan Belanja Batuan Sosial sebesar Rp 11,94 miliar.

Anggaran Kementerian/Lembaga tersebut diprioritaskan untuk melaksanakan fungsi kepemerintahan dan menjalankan program pembangunan, yang utamanya untuk mengatasi kesenjangan dan kemiskinan, pembangunan infrastuktur, memacu sektor unggulan, perbaikan aparatur negara dan pelayanan pemerintah, serta peningkatan pertahanan – keamanan dan penyelenggaraan demokrasi.

Adapun alokasi dana transfer dan dana desa se-Provinsi Sulawesi Utara tahun 2020 sebesar Rp 14,57 triliun atau meningkat 1,12 persen dari tahun sebelumnya.

Penyerahan DIPA se-Sulut
Penyerahan DIPA se-Sulut (Tribun manado / Ryo Noor)
Halaman
123
Penulis: Ryo_Noor
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved