Info Gempa Terkini

GEMPA TERKINI Data BMKG, Terjadi Tiga Kali di Wilayah Maluku, Hari Ini Senin 25 November 2019

Ada tiga kali gempa bumi yang terjadi mengguncang wilayah Maluku hari ini Senin 25 November 2019 siang.

ntnews.co.au
Ilustrasi Gempa - BMKG gempa terkini terjadi hari ini Senin 25 November 2019. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Info Gempa Terkini terjadi secara beruntun sebanyak tiga kali. Mengguncang Kabupaten Maluku Tengah, Senin (25/11/2019) siang. Gempa pertama dengan kekuatan 4,4 magnitudo terjadi pada Pukul 11.31 WIT.

Gempa yang dirasakan sangat kuat getarannya itu berada pada lokasi 3.65 Lintang Selatan dan 128.74 Bujur Timur atau berpusat pada 5 kilometer Nusalaut dan 13 kilometer Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, dengan kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon, gempa di Saparua dengan skala III MMI dan di Nusalaut dengan skala IV MMI.

Selain di dua wilayah tersebut, gempa tersebut juga ikut dirasakan getarannya di Masohi, Ibu Kota Maluku Tengah.

Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Sunardi mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” kata Sunardi, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin.

Hanya berselang 1 menit, setelah gempa bermagnitudo 4,4, sebuah gempa bermagnitudo 4,3 magnitudo kembali mengguncang wilayah tersebut.

Gempa kedua itu dirasakan warga dengan skala III MMI di Saparua dan II MMI di Kota Ambon.

Selanjutnya gempa di waktu yang hampir bersamaan berkekuatan 3,9 magnitudo juga mengguncang, Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku dan Kobisonta, Kabupaten Maluku Tengah.

Adapun pusat gempa berada pada titik koordinat 3.02 Lintang Selatan dan 130.81 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Halaman
1234
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved