News

Dinas PUPR Minahasa Bakal Revisi Perda RTRW, Ini Alasanya

Kesesuaian pembangunan selama 5 tahun berjalan sudah tidak sesuai lagi, dan perlu dilakukan peninjauan kembali RTRW, maka Dinas PUPR Minahasa.

Dinas PUPR Minahasa Bakal Revisi Perda RTRW, Ini Alasanya
Istimewa
Dinas PUPR Minahasa Bakal Revisi Perda RTRW, Ini Alasanya 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Minahasa, bakal merivisi Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2014, tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Minahasa.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Minahasa Djefry H Rumokoy ST saat dikomfirmasi, Minggu (24/11/2019).

Menurutnya, revisi atas Perda RTRW no 1 tahun 2014 tersebut dilakukan karena sudah memasuki 5 tahun, sehingga bila mengacu pada Peraturan Menteri ATR/BPN nomor tahun 2017 tentang peninjauan kembali RTRW, Perda ini sudah harus direvisi kembali untuk disesuaikan dengan kondisi wilayah terkini.

“Jadi, karena kesesuaian pembangunan selama 5 tahun berjalan sudah tidak sesuai lagi, dan perlu dilakukan peninjauan kembali RTRW, maka Dinas PUPR Minahasa saat ini sedang melaksanakan penyusunan revisi RTRW,” ujarnya.

Didalam penyusunan revisi itu, kata Rumokoy, pihaknya melakukan peninjauan kembali beberapa kawasan, seperti contoh, kawasan pemukiman, kawasan pertanian, kawasan pariwisata, kawasan industri, kawasan pertambangan, kawasan hutan dan kawasan resapan air.

“Oleh karena perkembangan pembangunan di Minahasa sangat cepat, dampaknya banyak investor masuk di Minahasa. Untuk memberikan kepastian hukum bagi investor dalam berinvestasi, perlu diadakan penyesuaian kawasan melalui revisi RTRW,” tukasnya.

Lanjut dikatakannya, dalam revisi ini, ada kawasan strategis Nasional, kawasan strategis Provinsi dan kawasan strategis Kabupaten.

Sebagai contoh lagi, kata dia, kawasan strategis nasional yang ada di Minahasa salah satunya adalah DAS Tondano dan kawasan Provinsi di Minahasa diantaranya, Geotermal dan Pembangkit Listrik Tenaga Air.

“Tahapan saat ini kita sudah dalam asistensi Peta Dasar di Badan Informasi Geospasial, di Cibinong Bogor. Sementara, untuk penyusunan revisi RTRW ada beberapa tahapan yang harus dilalui meliputi, tahapan Materi Tekhnis, Naskah Akademik, Naslah Ranperda, Peta Dasar, Peta Tematik, Peta Rencana dan Album Peta yang adalah finalnya,” pungkasnya.

BERITA TERPOPULER :

 Ahok Gagal jadi Komisaris Pertamina, Suara Marman Batubara Bisa jadi Penghalang: Mundur Saja

 Ahok Korupsi, Terima Suap Rp 191 Miliar? KPK Semprot Marwan Batubara

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved