G30S PKI

Menhan Prabowo Minta Para Guru Ceritakan Kisah Pemberontakan G30S PKI ke Siswa, Ini Tujuannya

Kali ini, Prabowo berpesan untuk seluruh guru di Indonesia, agar menceritakan sejarah pemberontakan PKI ke siswa-siswi di Sekolah.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES
Calon Presiden nomor urut 1 Prabowo Subianto memberikan jawaban dalam debat capres 2014 putaran ketiga, di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/6/2014). Debat capres kali ini mengangkat tema 'Politik Internasional dan Ketahanan Nasional'. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Permintaan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada para guru di seluruh Indonesia.

Sebuah pesan Menhan Prabowo Subianto untuk seluruh guru atau pengajar di Indonesia.

Pada kesempatan ini, Prabowo Subianto berpesan untuk seluruh guru di Indonesia, agar menceritakan sejarah pemberontakan dan kekejaman PKI atau Partai Komunis Indonesia ke siswa-siswi di sekolah.

Hal itu pun disampaikan Prabowo Subianto di dalam acara bedah buku dan diskusi panel "PKI Dalang dan Pelaku Kudeta G30S/1965" di Gedung Lemhanas Jakarta, Sabtu (23/11/2019).

Prabowo berhalangan hadir dalam acara ini, tetapi teks pidatonya dibacakan oleh Rektor Unhan Letjen TNI Tri Legionosuko.

"Saya harap guru sejarah di sekolah-sekolah menyampaikan sejarah pemberontakan dan kekejaman PKI yang benar kepada para siswa-siswi," ujar Tri membaca pidato Prabowo.

Prabowo Subianto membantah pernyataan juru bicaranya, Dahnil Anzar yang menyebut dirinya tidak akan menerima gaji menteri.
Prabowo Subianto membantah pernyataan juru bicaranya, Dahnil Anzar yang menyebut dirinya tidak akan menerima gaji menteri. (Tribunnews/JEPRIMA)

Menurut Prabowo, hal ini perlu dilakukan para guru sekolah agar siswa-siswi mengerti bagaimana sepak terjang PKI dan dampak dari gerakan itu.

Termasuk, kudeta yang dilakukan partai tersebut untuk menggulingkan era kepemimpinan Presiden Soekarno pada saat itu.

Bahkan, kehadiran PKI kala itu juga diduga bertujuan mengubah ideologi bangsa yang berpegangan pada Pancasila menjadi komunis.

"Komunisme telah mencatatkan lembaran hitam dalam perjalanan sejarah Bangsa Indonesia. Bahwa PKI selalu mencari cara dan kesempatan untuk melakukan kudeta di Indonesia," kata dia.

Halaman
1234
Editor: Frandi Piring
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved